PANDUAN PENILAIAN KURIKULUM 2013 SEMUA JENJANG SD, SMP, SMA, DAN SMK EDISI REVISI

Semangat Pagi,,
Mulai tahun pelajaran 2013/2014, Pemerintah memberlakukan Kurikulum 2013 yang merupakan penyempurnaan dari kurikulum 2006. Hasil kajian pelaksanaan Kurikulum 2013 menunjukkan bahwa salah satu kesulitan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 adalah dalam perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, pemanfaatan dan pelaporan penilaian. Pada perencanaan penilaian, pendidik kesulitan merumuskan indikator instrumen penilaian, menentukan teknik penilaian yang tepat sesuai dengan kompetensi dasar yang diajarkan, mengembangkan butir-butir instrumen penilaian dan rubrik penilaian. Pada pelaksanaan penilaian, pendidik kesulitan melakukan penilaian sikap dengan berbagai teknik penilaian dalam waktu yang terbatas. Pendidik juga mengalami kesulitan dalam mengolah dan mendeskripsikan capain hasil penilaian sikap,  pengetahuan, dan keterampilan. 
 
Satuan pendidikan mengalami kesulitan dalam menentukan Kriteria Ketuntasan  Minimal (KKM), merumuskan kriteria kenaikan kelas, dan kriteria kelulusan peserta didik. Permasalahan lain yang sering muncul adalah penetapan KKM dan secara teknis menerapkannya pada setiap Kompetensi Dasar (KD) sebagai kompetensi minimal untuk selanjutnya menjadi KKM mata pelajaran. Di samping itu, pendidik mengalami kesulitan dalam menentukan nilai hasil remedial berkaitan dengan KKM.
 
Memperhatikan permasalahan-permasalahan di atas, perlu disusun Panduan Penilaian pada Sekolah Dasar (SD). Mengingat Pengelolaan Penilaian merupakan unsur paling krusial dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Penilaian yang dilakukan sesuai dengan kaidah dan prosedur yang benar, menunjukkan konsistensi apakah pembelajaran sudah dilakukan sesuai tujuan atau kompetensi yang hendak dicapai. Dalam kaitan inilah, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, melakukan berbagai upaya agar para guru sebagai pengguna dokumen ini dapat lebih memahami cara melakukan penilaian pendidikan di sekolah.
 
Harapannya yaitu Panduan penilaian yang akan saya bagikan ini diharapkan dapat memudahkan pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan serta memanfaatkan hasil penilaian baik aspek
sikap, aspek pengetahuan, maupun aspek keterampilan.
 
Adapun Panduan Penilaian yang akan saya bagikan yaitu Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk Jenjang SD, SMP, SMK dan SMK. Untuk lebih lengkapnya Panduan Penilaian Kurikulum 2013 dapat diunduh di bawah ini.
 
Silahkan klik gambar di bawah ini untuk mengunduh Panduan Penilaian Kurikulum 2013 jenjang SD. Nantinya bapak/ibu akan diarahkan ke tempat pengunduhan file.
Sementara untuk mengunduh Panduan Penilaian Kurikulum 2013 jenjang SMP, silahakan klik gambar di bawah ini. Nantinya bapak/ibu akan diarahkan ke tempat pengunduhan file.
Sementara untuk mengunduh Panduan Penilaian Kurikulum 2013 jenjang SMA, silahakan klik gambar di bawah ini. Nantinya bapak/ibu akan diarahkan ke tempat pengunduhan file.
Sementara untuk mengunduh Panduan Penilaian Kurikulum 2013 jenjang SMK, silahakan klik gambar di bawah ini. Nantinya bapak/ibu akan diarahkan ke tempat pengunduhan file.

Demikianlah informasi mengenai Panduan Penilaian Kurikulum 2013 mulai dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK yang dapat saya bagikan. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua terutama insan pendidik. Apabila dirasa bermanfaat, bapak/ibu dapat membagikannya kepada rekan-rekan guru lainnya.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PANDUAN PENILAIAN KURIKULUM 2013 SEMUA JENJANG SD, SMP, SMA, DAN SMK EDISI REVISI"

Post a Comment

atas 1

atas 2

Iklan Tengah Artikel