MODUL ASESMEN DIAGNOSIS AWAL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD/MI

Semangat Pagi,,

Modul asesmen adalah salah satu dari berbagai macam media alternatif pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 yang masih melanda di semua wilayah di Negara Indosesia khususnya satuan pendidikan yang wilayahnya berada di zona kuning dan zona merah.

Seperti yang diketahui bersama, pandemi Covid-19 pada beberapa bulan terakhir berdampak pada beberapa sektor kehidupan, tak terkecuali sektor pendidikan. Untuk membatasi penyebaran dan penularan virus Covid-19 secara luas di satuan pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengambil kebijakan penyelenggaran Belajar dari Rumah (BDR). Kebijakan serupa juga diterapkan di lebih dari 180 negara dunia. Kebijakan BDR diyakini dapat berdampak pada perkembangan kognitif dan non-kognitif siswa yang selanjutnya dapat mempengaruhi wajah pendidikan di masa depan.

Di Indonesia, beragamnya kondisi sosial ekonomi, akses teknologi, serta kondisi wilayah sebaran Covid-19 menyebabkan pelaksanaan BDR serta capaian belajar siswa bervariasi. Oleh karena itu, asesmen untuk mengetahui hambatan dan kelemahan siswa pada saat BDR perlu dilakukan. Asesmen yang meliputi aspek kognitif dan non-kognitif perlu dilakukan agar pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan kondisi siswa. Hasil asesmen memberikan dasar kepada guru untuk menetapkan perlakukan atau strategi yang tepat kepada masingmasing siswa. Remedial atau pengayaan yang dilakukan sebagai tindak lanjut hasil asesmen merupakan upaya untuk memastikan tidak ada siswa yang tertinggal atau dirugikan.

Seperti Bapak/ Ibu guru ketahui, kemampuan dan keterampilan siswa di dalam sebuah kelas berbeda-beda. Ada yang lebih cepat paham dalam topik tertentu, namun ada juga yang membutuhkan waktu lebih lama untuk memahami topik tersebut. Seorang siswa yang cepat paham dalam satu topik, belum tentu cepat paham dalam topik lainnya. 

Asesmen diagnosis memetakan kemampuan semua siswa di kelas secara cepat, untuk mengetahui siapa saja yang sudah paham, siapa saja yang agak paham, dan siapa saja yang belum paham. Dengan demikian Bapak/ Ibu guru dapat menyesuaikan materi pembelajaran dengan kemampuan siswa. 

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan Modul Asesmen Diagnosis Awal Matematika Kelas IV. Adapun isi dari modul ini yaitu kisi-kisi asesmen awal pembelajaran, soal asesmen awal, kemungkinan jawaban siswa, kunci jawaban asesmen awal, pedoman pengodean asesmen awal, dan interpretasi serta tindak lanjut asesmen awal. 

Untuk lebih jelasnya, bapak/ibu dapat mengunduh Modul Asesmen Diagnosis Awal Matematika Kelas IV di bawah ini.

Modul Asesmen Diagnosis Awal Matematika Kelas IV, silahkan unduh DISINI
Semoga modul ini dapat bermanfaat sebagai refrensi dalam melaksanakan diagnosis awal kepada siswa selama kegiatan Belajar dari Rumah (BdR) berlangsung. Apabila modul ini dirasa bermanfaat, silahkan bapak/ibu dapat membagikannya kepada rekan-rekan guru lainnya.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MODUL ASESMEN DIAGNOSIS AWAL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD/MI"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel