LATIHAN SOLDAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN KELAS V SEMESTER 1

Semangat Pagi,,
Pecahan adalah bilangan yang terdiri dari \frac{a}{b} . Dimana dalam pecahan \frac{a}{b} , a disebut pembilang dan b disebut penyebut. Bilangan pecahan ada 3 macam yaitu pecahan biasa, pecahan campuran, dan pecahan desimal. Pecahan yang akan dibahas kali ini adalah pecahan biasa.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, pecahan biasa adalah pecahan yang terdiri dari pembilang dan penyebut. Misalnya pecahan ¾, angka 3 pada pecahan disebut pembilang dan angka 4 disebut penyebut. Mudah bukan? Nah pada hari ini kita akan membahas penjumlahan pada pecahan biasa. Untuk melakukan operasi penjumlahan pada bilangan pecahan, perlu diperhatikan apakah penyebut dari kedua bilangan tersebut sama atau tidak, jika sama maka yang dijumlahkan adalah pembilang dari kedua bilangan tersebut, sedangkan penyebutnya tetap.

Misalnya:
¾  + ¼ = ....?
JAWAB:






Pada penjumlahan pecahan di atas, karena penyebutnya sudah sama maka kita tinggal menjumlahkan pembilangnya saja yaitu 3 + 1 = 4. Sedangkan penyebutnya tetap. Sehingga diperoleh ¾  + ¼ = 4/4. Nah bagaimana jika penyebut dari pecahan tersebut berbeda? Apakah kita bisa menjumlahkannya secara langsung?

Apabila kita menemui penjumlahan pecahan yang penyebutnya berbeda, maka terlebih dahulu kita mencari KPK nya. KPK adalah Kelipatan Persekutuan Terkecil. Jadi untuk menyamakan penyebut dari pecahan yang berbeda, kita harus mencari KPK nya terlebih dahulu. 

Contoh 1:
1/2 + 1/3 = ...?
Jawab:
























Contoh 2:
1/3 + 1/4 = ...?
Jawab:























Contoh 3:
1/3 + 1/5 = ...?
Jawab:






















Dari beberapa contoh di atas, tentu kalian akan sedikitnya paham bagaimana penjumlahan pecahan biasa yang penyebutnya berbeda. Nah untuk menguji tingkat pemahaman kalian tentang penjumlahan pecahan, silahkan kalian kerjakan soal di bawah ini. Soal berjumlah 10 yang berbentuk soal isian. Apabila benar semua kalian akan memperoleh nilai 100. Selamat mengerjakan anak-anak.

Setelah menjawab semua pertanyaan di atas, kalian dapat melihat hasil pekerjaan kalian pada tabel di bawah ini.

Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "LATIHAN SOLDAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN KELAS V SEMESTER 1"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah