TUTORIAL CARA MENCETAK KARTU NUPTK 2020 GRATIS

Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) merupakan Nomor Induk bagi GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) baik itu PNS maupun Non-PNS yang diperoleh dari proses pengajuan di Verval PTK. NUPTK diberikan kepada seluruh GTK yang telah memenuhi syarat dan ketentuan. NUPTK dikatakan sebagai identitas resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan.     NUPTK terdiri dari 16 digit angka yangb bersifat unik dan tetap. Kenapa dikatakan unik dan tetap? Karena sudah dipastikan NUPTK setiap GTK akan berbeda-beda dan tidak akan pernah berubah walaupun GTK tersebut pindah instansi kerja dan berubah status kepegawaian (dari Non-PNS menjadi PNS).      Setiap GTK sangat wajib untuk memiliki NUPTK. Kenapa demikian? Karena NUPTK memiliki banyak kegunaan yang mendukung peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan. Ada beberapa fungsi NUPTK yaitu sebagai berikut.      Untuk mengikuti UKG (Uji Kompetensi Guru)     Salah satu ketentuan untuk mengikuti UKG adalah memiliki NUPTK. NUPTK ini digunakan sebagai akses untuk mengikuti UKG.     Memperoleh Gaji bagi Guru Honor     Saat ini NUPTK sangat penting mengingat Juknis Bos Tahun 2020 hanya memperbolehkan membayar gaji guru Honor sekolah untuk yang sudah mempunyai NUPTK saja. Oleh karena itu agar memudahkan pelaporan maka harus melampirkan bukti kepemilikan NUPTK salah satunya dengan Kartu NUPTK     Mengikuti PPG (Pendidikan Profesi Guru)     Salah persyaratan administrasi dalam mengikuti PPG adalah memiliki NUPTK. Jadi guru yang memiliki NUPTK akan diprioritaskan untuk mengikuti PPG terlebih dahulu daripada guru yang belum punya.   Pada postingan kali ini saya akan berbagi cara untuk mencetak Kartu NUPTK 2020. Sebelum mencetak Kartu NUPTK, silahkan persiapkan terlebih dahulu soft copy pas foto berukuran 2x3 dengan ukuran size dibawah 200 KB. Apabila pas foto sudah siap, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.      Silahkan klik DISINI untuk menginput data identitas bapak/ibu.     Setelah itu, silahkan scroll (gullir) ke bawah nanti kalian akan diminta untuk memasukkan identitas kalian seperti NUPTK, Nama (sesuai dengan dapodik), Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, dan soft copy pas foto ukuran 2x3.     Silahkan isikan identitas, seperti gambar di bawah ini.      Untuk tanggal lahir gunakan format tahun lahir/bulan/tanggal.      Setelah mengisi semua identitas klik Proses.     Setelah foto muncul, ada pilihan cetak v1 dan cetak v2. Silahkan pilih Cetak v2. Seperti gambar di bawah ini.      Terakhir kalian dapat unduh kartu NUPTK dalam format PDF.     Berikut tampilan NUPTK yang sudah diunduh.   Demikianlah tutorial cara cetak kartu NUPTK yang dapat saya informasikan, semoga dapat bermanfaat bagi GTK yang ingin mempunyai Kartu NUPTK. Kartu NUPTK ini dapat dijadikan sebagai bukti fisik jika nantinya diminta untuk mengumpulkan Kartu NUPTK. Jika dirasa bermanfaat, silahkan dapat menginformasikannya kepada rekan-rekan seprofesi lainnya.
Semangat Pagi,,
Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) merupakan Nomor Induk bagi GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) baik itu PNS maupun Non-PNS yang diperoleh dari proses pengajuan di Verval PTK. NUPTK diberikan kepada seluruh GTK yang telah memenuhi syarat dan ketentuan. NUPTK dikatakan sebagai identitas resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan.

NUPTK terdiri dari 16 digit angka yangb bersifat unik dan tetap. Kenapa dikatakan unik dan tetap? Karena sudah dipastikan NUPTK setiap GTK akan berbeda-beda dan tidak akan pernah berubah walaupun GTK tersebut pindah instansi kerja dan berubah status kepegawaian (dari Non-PNS menjadi PNS). 

Setiap GTK sangat wajib untuk memiliki NUPTK. Kenapa demikian? Karena NUPTK memiliki banyak kegunaan yang mendukung peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan. Ada beberapa fungsi NUPTK yaitu sebagai berikut.
  1. Untuk mengikuti UKG (Uji Kompetensi Guru)
    Salah satu ketentuan untuk mengikuti UKG adalah memiliki NUPTK. NUPTK ini digunakan sebagai akses untuk mengikuti UKG.
  2. Memperoleh Gaji bagi Guru Honor
    Saat ini NUPTK sangat penting mengingat Juknis BOS Tahun 2020 hanya memperbolehkan membayar gaji guru Honor sekolah untuk yang sudah mempunyai NUPTK saja. Oleh karena itu agar memudahkan pelaporan maka harus melampirkan bukti kepemilikan NUPTK salah satunya dengan Kartu NUPTK
  3. Mengikuti PPG (Pendidikan Profesi Guru)
    Salah persyaratan administrasi dalam mengikuti PPG adalah memiliki NUPTK. Jadi guru yang memiliki NUPTK akan diprioritaskan untuk mengikuti PPG terlebih dahulu daripada guru yang belum punya.
Pada postingan kali ini saya akan berbagi cara untuk mencetak Kartu NUPTK 2020. Sebelum mencetak Kartu NUPTK, silahkan persiapkan terlebih dahulu soft copy pas foto berukuran 2x3 dengan ukuran size dibawah 200 KB. Apabila pas foto sudah siap, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  1. Silahkan klik DISINI untuk menginput data identitas bapak/ibu.
  2. Setelah itu, silahkan scroll (gullir) ke bawah nanti kalian akan diminta untuk memasukkan identitas kalian seperti NUPTK, Nama (sesuai dengan dapodik), Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, dan soft copy pas foto ukuran 2x3.
  3. Silahkan isikan identitas, seperti gambar di bawah ini.
  4. Untuk tanggal lahir gunakan format tahun lahir/bulan/tanggal. 
  5. Setelah mengisi semua identitas klik Proses.
  6. Setelah foto muncul, ada pilihan cetak v1 dan cetak v2. Silahkan pilih Cetak v2. Seperti gambar di bawah ini.
  7. Terakhir kalian dapat unduh kartu NUPTK dalam format PDF.
  8. Berikut tampilan NUPTK yang sudah diunduh.
Demikianlah tutorial cara cetak kartu NUPTK yang dapat saya informasikan, semoga dapat bermanfaat bagi GTK yang ingin mempunyai Kartu NUPTK. Kartu NUPTK ini dapat dijadikan sebagai bukti fisik jika nantinya diminta untuk mengumpulkan Kartu NUPTK. Jika dirasa bermanfaat, silahkan dapat menginformasikannya kepada rekan-rekan seprofesi lainnya.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "TUTORIAL CARA MENCETAK KARTU NUPTK 2020 GRATIS"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel