LATIHAN SOLDAR MENENTUKAN KPK KELAS V SEMESTER 1

KPK adalah Kelipatan Persekutan Terbesar. Jadi kita harus mencari kelipatan masing-masing penyebut terlebih dahulu sampai ketemu bilangan yang sama. Bilangan yang sama inilah yang disebut KPK.
Semangat Pagi,,
Pecahan adalah istilah dalam matematika yang terdiri dari pembilang dan penyebut. Misal pecahan 1/2, yang merupakan pembilang adalah 1 dan penyebutnya adalah 2. Jadi intinya angka yang di atas disebut pembilang dan yang dibawah disebut penyebut. Nah jika sudah paham yang mana pembilang dan penyebut dalam pecahan, sekarang kita akan menjumlahkan pecahan tersebut.

Coba perhatikan penjumlahan pecahan di bawah ini!
Pada soal di atas, penyebutnya sudah sama jadi kita hanya menjumlahkan pembilangnya saja, sehingga diperoleh jawaban sebagai berikut.





Nah, bagaimana jika penyebutnya berbeda? Apakah kita bisa menjumlahkan langsung pembilangnya seperti cara di atas? Tentu tidak boleh, jika penyebutnya berbeda (tidak sama) maka kita harus menyamakan terlebih dahulu penyebutnya. Salah satu cara menyamakan penyebut yaitu dengan cara KPK. KPK adalah Kelipatan Persekutan Terbesar. Jadi kita harus mencari kelipatan masing-masing penyebut terlebih dahulu sampai ketemu bilangan yang sama. Bilangan yang sama inilah yang disebut KPK.

Contohnya:
1) Tentukan KPK dari 3 dan 4!

Pertama kita harus cari kelipatan 3 dan 4 terlebih dahulu. Dengan cara menambahkannya sampai ketemu angka yang sama. Misal 3, pertama kita tulis terlebih dahulu angka 3, kemudian kita tambahkan 3 dengan 3 sehingga diperoleh 6, kemudian ditambah 3 diperoleh 9, ditambah 3 lagi hasilnya 12. Ditambah 3 lagi hasilnya 15. Sekarang giliran 4, pertama kita tulis angka 4, kemudian kita tambahkan 4 sehingga diperoleh 8, ditambah 4 diperoleh 12, ditambah 4 lagi hasilnya 16. Nah ternyata setelah dicari kelipatannya ketemu angka yang sama yaitu angka 12. Untuk lebih jelasnya perhatikan caranya seperti di bawah ini
3 = 3, 6, 9, 12, 15
4 = 4, 8, 12, 16

Setelah kita cari kelipatan 3 dan 4, ternyata ketemu angka yang sama yaitu angka 12. Sehingga, dapat disimpulkan KPK 3 dan 4 yaitu 12.

2) Tentukan KPK dari 2 dan 5!

Sama seperti cara di atas, kita harus mencari kelipatan 2 dan 5. Dengan cara menambahkannya sampai ketemu angka yang sama. Misal 2, pertama kita tulis terlebih dahulu angka 2, kemudian kita tambahkan 2 dengan 2 sehingga diperoleh 4, kemudian ditambah 2 diperoleh 6, ditambah 2 lagi hasilnya 8. Ditambah 2 lagi hasilnya 10, ditambah 2 lagi hasilnya 12. Sekarang giliran 5, pertama kita tulis angka 5, kemudian kita tambahkan 5 sehingga diperoleh 10, ditambah 5 diperoleh 15. Nah ternyata setelah dicari kelipatannya ketemu angka yang sama yaitu angka 10. Untuk lebih jelasnya perhatikan caranya seperti di bawah ini
2 = 2, 4, 6, 8, 10, 12
5 = 5, 10, 15 

Setelah kita cari kelipatan 2 dan 5, ternyata ketemu angka yang sama yaitu angka 10. Sehingga, dapat disimpulkan KPK 2 dan 5 yaitu 10.

3) Tentukan KPK dari 4 dan 6!

Sama seperti cara di atas, kita harus mencari kelipatan 4 dan 6. Dengan cara menambahkannya sampai ketemu angka yang sama. Misal 4, pertama kita tulis terlebih dahulu angka 4, kemudian kita tambahkan 4 dengan 4 sehingga diperoleh 8, kemudian ditambah 4 diperoleh 12, ditambah 4 lagi hasilnya 16. Sekarang giliran 6, pertama kita tulis angka 6, kemudian kita tambahkan 6 sehingga diperoleh 12, ditambah 6 diperoleh 18. Nah ternyata setelah dicari kelipatannya ketemu angka yang sama yaitu angka 12. Untuk lebih jelasnya perhatikan caranya seperti di bawah ini
4 = 4, 8, 12, 16
6 = 6, 12, 18

Setelah kita cari kelipatan 4 dan 6, ternyata ketemu angka yang sama yaitu angka 12. Sehingga, dapat disimpulkan KPK 4 dan 6 yaitu 12.
Bagaimana mudah bukan mencari KPK anak-anak? Untuk menguji pemahaman kalian tentang KPK, silahkan kalian kerjakan soal isian di bawah ini. Soal berjumlah 10 dimana masing-masing soal bernilai 10. Jadi jika benar semua akan memperoleh nilai 100. Selamat mengerjakan anak-anak. 


Setelah menjawah pertanyaan di atas, kalian dapat melihat nilai yang kalian peroleh pada tabel di bawah ini! 

 


Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "LATIHAN SOLDAR MENENTUKAN KPK KELAS V SEMESTER 1"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel