SELEKSI BP (BEST PRACTICE) GURU TAHUN 2020


Semangat Pagi,, 
Dalam rangka mendorong aktualisasi nilai-nilai Pancasila, PPPPTK PKn dan IPS meyelenggarakan kegiatan Pancasila Goes to Mall. Terdapat beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan, salah satunya adalah kegiatan Kuis Guru dan Siswa Berkarakter. Dalam kegiatan kuis tersebut terdapat 3 (tiga) tahapan kegiatan, yaitu: (1) Tahap penyisihan (melibatkan guru); (2) Tahap semifinal (melibatkan guru dan siswa); (3) Tahap Grand Final (melibatkan guru dan siswa). Pada tahap penyisihan, bapak/ibu guru mengikuti tahap penyisihan dengan kegiatan Penulisan Best Practice Guru Tahun 2020 yang bertujuan untuk menyeleksi calon peserta Pancasila Goes to Mall dan mengapresiasi praktik terbaik (best practice) guru dalam mengembangkan karakter peserta didik.

Pendaftaran calon peserta dibuka mulai tanggal 6 s.d. 13 Juni 2020. Adapun tema kegiatan ini adalah “Membumikan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Praktik Terbaik Guru Sebagai Inspirasi Dalam Menghadapi Masa Normal Baru” dengan beberapa subtema sebagai berikut:
      1. Praktik Terbaik Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pembelajaran Di Kelas (Kode PGM 001/2020). 
      2. Praktik Terbaik Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler (Kode PGM 002/2020).  
      3. Praktik Terbaik Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Budaya Sekolah (Kode PGM 003/2020).  
      4. Praktik Terbaik Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Kemitraan Dengan Keluarga, Masyarakat, dan Instansi Pemerintah atau Swasta (Kode PGM 004/2020)

        KETENTUAN UMUM
        1. Kegiatan ini terbuka bagi Guru dari seluruh Indonesia. 
        2. Pendaftar adalah Guru kelas jenjang SD/MI atau Guru mapel PPKn dan IPS yang berada pada jenjang SMP/MTs, SMA/MA, atau SMK/MAK.  
        3. Pendaftar wajib memiliki NUPTK.  
        4. Pendaftar bertempat tinggal di wilayah NKRI.
        KETENTUAN KHUSUS
        1. Pendaftar wajib memilih salah satu subtema di bawah ini:
          • "Praktik Terbaik Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila pada Peserta Didik Melalui Pembelajaran di Kelas". Subtema ini mendeskripsikan upaya-upaya kreatif yang telah dilakukan guru dalam pembelajaran PPKn atau IPS atau tematik SD dengan mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila yang dapat menginspirasi guru-guru lain untuk melakukan kegiatan sejenis.  
          • "Praktik Terbaik Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila pada Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler". Subtema ini mendeskripsikan upaya-upaya kreatif yang telah dilakukan guru dalam menumbuhkembangkan karakter mulia pada diri peserta didik dengan mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. 
          • "Praktik Terbaik Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila pada Peserta Didik Melalui Budaya Sekolah". Subtema ini mendeskripsikan upaya-upaya kreatif yang telah dilakukan guru dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila pada peserta didik melalui pembiasaan perilaku positif, tradisi positif, dan unsur-unsur budaya sekolah lainnya di lingkungan sekolah selain kegiatan pembelajaran di kelas dan kegiatan ekstrakurikuler. 
          • "Praktik Terbaik Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila pada Peserta Didik Melalui Kemitraan dengan Keluarga dan/Masyarakat". Subtema ini mendeskripsikan upaya-upaya kreatif yang telah dilakukan guru dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila pada peserta didik melalui kegiatan yang melibatkan pihak-pihak lain yang menjadi mitra sekolah seperti keluarga, masyarakat, instansi pemerintah atau swasta, dan sejenisnya.
        2. Pendaftar wajib mengisi biodata dan mengirimkan 1 (satu) naskah Best     Practice dengan format KTI, Silahkan klik DISINI
        3. Pendaftaran, pengiriman naskah Best Practice beserta Surat Pernyataan  Keaslian Karya dibuka mulai tanggal 6 s.d. 13 Juni 2020 melalui tautan http://ringkas.kemdikbud.go.id/qt858i dan dapat juga dikirim melalui alamat email: bangprofptkpknips@gmail.com
        4. Naskah Best Practice dikirim dalam bentuk file dengan format PDF.
        5. File naskah Best Practice wajib diberi nama dengan ketentuan sebagai berikut:
          Nama_Pengirim_Asal_Sekolah_Kab/Kota_Prov_PGMKTI
          Contoh: Adi_Nugroho_SD_Blimbing_1_Kota Malang_Jawa Timur_PGMKTI
        6. Naskah Best Practice merupakan asli hasil karya sendiri, bukan karya orang lain, belum pernah memperoleh predikat juara I, II, atau II pada lomba lain sejenis, tidak sedang diikutkan pada lomba KTI/ Best Practice lain, dan belum pernah dipublikasikan. 
        7. Naskah Best Practice harus memenuhi sistematika penulisan yang ditetapkan panitia.
        8. Sistematika dan Template penulisan naskah Best Practice dapat dilihat DISINI.
        9. Hasil seleksi naskah Best Practice akan diumumkan pada tanggal 18 Juni 2020 pukul 10.00 WIB melalui laman PPPPTK PKn dan IPS
        10. Para peserta yang lolos akan memperoleh sertifikat penghargaan dan diberi kesempatan untuk mendiseminasikan Best Practice mereka melalui webinar. Webinar direncanakan diadakan pada tanggal 22 s.d. 24 Juni 2020.
        11. Peserta dapat mendaftar DISINI
        12. Pengiriman naskah  Best Practice Guru Tahun 2020 dan Surat Pernyataan Keaslian Naskah dapat dilakukan DISINI atau dikirimkan melalui alamat email bangprofptkpknips@gmail.com. 
        13. Hal-hal teknis ketentuan lomba dapat ditanyakan ke narahubung: Prayogo Kusumaryoko (081237132044) dan Nurrollich El Kasfy (08567393756)
        Untuk lebih jelasnya, berikut admin lampirkan Surat Resmi Pengumuman Pendaftaran Seleksi Best Practice Guru Tahun 2020.


        Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi bapak/ibu. Best Practice ini juga nantinya dapat bapak/ibu gunakan untuk keperluan naik pangkat. Jadi tidak ada salahnya kalau bapak/ibu mencoba membuatnya. Selamat mencoba, semoga berhasil.
        Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

        Berlangganan update artikel terbaru via email:

        0 Response to "SELEKSI BP (BEST PRACTICE) GURU TAHUN 2020"

        Post a Comment

        Iklan Tengah Artikel