PROTA DAN PROMES (PROSEM) KELAS V SD

Program Tahunan yang akan dibuat oleh guru berisi tentang Tema, Sub Tema, Pembelajaran dan alokasi waktu. Jadi dengan menyusun Prota, maka guru dapat memetakan Tema, Sub Tema, dan Pembelajaran yang disesuaikan dengan alokasi waktu dalam 1 Tahun. Program Tahunan ini sebagai rencana umum pelaksanaan pembelajaran muatan mata pelajaran setelah diketahui kepastian jumlah jam pelajaran efektif dalam satu tahun.    Program Tahunan yang telah dibuat nantinya akan dijabarkan lebih mendetail lagi dalam bentuk Program Semester. Intinya Program semester merupakan penjabaran dari program tahunan. Program semester ini berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Dengan program semester ini guru dapat memetakan KD, Tema, Sub Tema atau Pembelajaran berdasarkan hari efektif dalam satu semester. Sehingga guru mampu menyesuaikan dan menyelesaikan semua materi dalam satu semester dengan tepat waktu.   Melihat begitu pentingnya Prota dan Promes, maka guru wajib membuat atau menyusunnya yang disesuaikan dengan kalender pendidikan. Pada hari ini saya akan berbagi Prota dan Promes Kelas V, Silahkan klik DISINI untuk mengunduh Program Tahunan (Prota) dan klik DISINI untuk mengunduh Program Semester (Promes) Semester 1.   Prota dan Promes ini dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi di daerah masing-masing. Mengingat kalender pendidikan di setiap daerah belum tentu sama, jadi prota dan promes ini dapat dimodifikasi sesuai keperluan masing-masing. Bapak/ibu dapat menyebarluaskan prota dan promes ini kepada rekan-rekan guru lainnya dengan harapan dapat sedikitnya membantu mereka dalam penyusunan administrasi kelas.

Semangat Pagi,, 
Menjelang Tahun ajaran baru, guru sebagai pendidik harus menyiapkan beberapa adminstrasi kelas sebagai suatu tuntutan pekerjaan. Selain sebagai suatu tuntutan, adminstrasi kelas juga merupakan sebagai pedoman guru dalam melaksanakan pembelajaran. Ada beberapa administasi yang harus dilengkapi oleh guru diantaranya yaitu Program Tahunan dan Program Semester.

Program Tahunan yang akan dibuat oleh guru berisi tentang Tema, Sub Tema, Pembelajaran dan alokasi waktu. Jadi dengan menyusun Prota, maka guru dapat memetakan Tema, Sub Tema, dan Pembelajaran yang disesuaikan dengan alokasi waktu dalam 1 Tahun. Program Tahunan ini sebagai rencana umum pelaksanaan pembelajaran muatan mata pelajaran setelah diketahui kepastian jumlah jam pelajaran efektif dalam satu tahun

Program Tahunan yang telah dibuat nantinya akan dijabarkan lebih mendetail lagi dalam bentuk Program Semester. Intinya Program semester merupakan penjabaran dari program tahunan. Program semester ini berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Dengan program semester ini guru dapat memetakan KD, Tema, Sub Tema atau Pembelajaran berdasarkan hari efektif dalam satu semester. Sehingga guru mampu menyesuaikan dan menyelesaikan semua materi dalam satu semester dengan tepat waktu.

Melihat begitu pentingnya Prota dan Promes, maka guru wajib membuat atau menyusunnya yang disesuaikan dengan kalender pendidikan. Pada hari ini saya akan berbagi Prota dan Promes Kelas V, Silahkan klik DISINI untuk mengunduh Program Tahunan (Prota) dan klik DISINI untuk mengunduh Program Semester (Promes) Semester 1.

Prota dan Promes ini dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi di daerah masing-masing. Mengingat kalender pendidikan di setiap daerah belum tentu sama, jadi prota dan promes ini dapat dimodifikasi sesuai keperluan masing-masing. Bapak/ibu dapat menyebarluaskan prota dan promes ini kepada rekan-rekan guru lainnya dengan harapan dapat sedikitnya membantu mereka dalam penyusunan administrasi kelas. 
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PROTA DAN PROMES (PROSEM) KELAS V SD"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel