BULETIN PAGI SEBAGAI MEDIA MENAMBAH WAWASAN DAN MENINGKATKAN DISIPLIN PESERTA DIDIK

Penahkah kalian mendengar kata "buletin"? Tentu kata tersebut tidak asing lagi bagi kalian yang memiliki hobi membaca. Menurut KBBI buletin adalah media cetak berupa selebaran atau majalah, berisi warta singkat atau pernyataan tertulis yang diterbitkan secara periodik oleh suatu organisasi atau lembaga untuk kelompok profesi tertentu. Dengan membaca buletin, tentu kita akan memperoleh banyak pengetahuan. Nah bagaimanakah jika konsep buletin ini kita terapkan di lingkungan sekolah? Yuk kita simak baik-baik penjelasannya.   Buletin sebagai media untuk menambah wawasan sudah pernah admin terapkan di sekolah. Buletin tersebut admin modifikasi sedemikian rupa dan admin beri nama buletin pagi. Buletin pagi yang admin buat adalah sebuah selebaran yang berisi rangkuman materi yang akan diajarkan pada hari tersebut. Sebelum membuat buletin pagi, terlebih dahulu guru harus menyiapkan rencana pembelajaran yang akan diajarakan pada keesokan hari tersebut. Hal yang disiapkan oleh guru adalah merangkum isi materi yang akan diajarkan keesokan harinya. Tentu buletin yang dibuat dikemas dengan bahasa yang ringan sehingga peserta didik mudah memahaminya.

Semangat Pagi,, 
Penahkah kalian mendengar kata "buletin"? Tentu kata tersebut tidak asing lagi bagi kalian yang memiliki hobi membaca. Menurut KBBI buletin adalah media cetak berupa selebaran atau majalah, berisi warta singkat atau pernyataan tertulis yang diterbitkan secara periodik oleh suatu organisasi atau lembaga untuk kelompok profesi tertentu. Dengan membaca buletin, tentu kita akan memperoleh banyak pengetahuan. Nah bagaimanakah jika konsep buletin ini kita terapkan di lingkungan sekolah? Yuk kita simak baik-baik penjelasannya.

Buletin sebagai media untuk menambah wawasan sudah pernah admin terapkan di sekolah. Buletin tersebut admin modifikasi sedemikian rupa dan admin beri nama buletin pagi. Buletin pagi yang admin buat adalah sebuah selebaran yang berisi rangkuman materi yang akan diajarkan pada hari tersebut. Sebelum membuat buletin pagi, terlebih dahulu guru harus menyiapkan rencana pembelajaran yang akan diajarakan pada keesokan hari tersebut. Hal yang disiapkan oleh guru adalah merangkum isi materi yang akan diajarkan keesokan harinya. Tentu buletin yang dibuat dikemas dengan bahasa yang ringan sehingga peserta didik mudah memahaminya. Berikut contoh Buletin Pagi yang admin buat di microsoft office publish.
CONTOH BULETIN PAGI
Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat tempat meletakkan media buletin pagi tergolong mudah didapat. Adapun alat dan bahannya yaitu sebagai berikut.  
      1. kertas karton 
      2. lem 
      3. gunting 
      4. cutter 
      5. kertas HVS 
      6. printer 
      7. gambar-gambar
          Pertama-tama guntinglah kertas karton sehingga membentuk persegi panjang yang berukuran (60 x 40). Kalian dapat membuat ukurannya sesuai selera kalian. Langkah kedua kalian beri kotak di bagian bawah kertas karton yang telah dipotong tadi. Kotak ini nantinya sebagai tempat untuk meletakkan buletin pagi. Beri sekat kotak tersebut sehingga terlihat menjadi 2 kotak. Kalian dapat memberika variasi gambar-gambar atau tulisan yang dapat menarik perhatian peserta didik. Buletin pagi ini dapat kalian letakkan di dekat pintu masuk kelas, sehingga ketika peserta didik datang, mereka dapat mengambilnya langsung. Berikut contoh media buletin pagi yang admin buat.
          Gambar 01. Peserta didik mengambil buletin pagi sesuai jam kedatangan.

          Pembelajaran ini telah admin terapkan di kelas III. Buletin ini tersedia setiap pagi di depan kelas yang berfungsi sebagai bacaan peserta didik untuk menambah wawasan sebelum pembelajaran dimulai. Selain itu buletin pagi juga berfungsi untuk melatih disiplin siswa karena siswa yang datang pagi akan mendapat buletin nomor urut 1 begitu juga selanjutnya, sehingga siswa akan berlomba-lomba datang lebih pagi ke sekolah. Hal ini menjadi motivasi tersebdiri bagi peserta didik untuk dapat lebih awal ke sekolah dan selalu menjadi yang terdepan. Ketika bel berbunyi, guru memberikan pertanyaan tentang materi yang terdapat pada buletin pagi, bagi siswa yang berhasil menjawab akan langsung masuk kelas.

          Gambar 02. Guru memberikan pertanyaan sesuai dengan materi yang terdapat di buletin 

          Cara seperti ini tentu akan memudahkan guru dalam proses pembelajaran. Kenapa dikatakan demikian? Karena peserta didik sudah dibekali pengetahuan dari materi yang mereka baca di buletin pagi. Jadi mereka sudah mengetahui materi apa yang akan mereka pelajari dan tentunya di benak mereka sudah tertanam beberapa materi inti yang sudah dibuat oleh guru di buletin pagi. Guru hanya lebih mempertajam pengetahuan mereka ketika mengajar di kelas. Selain itu cara seperti ini juga dapat melatih siswa untuk selalu rajin membaca.

          Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan kepada sahabat sang pendidik semuanya. Kalau informasi ini dirasa bermanfaat, kalian dapat menyebarluaskannya kepada teman-teman yang lain. Jika ada yang perlu diperbaiki atau dirasa kurang kalian juga dapat menuliskan kritik dan sarannya melalui kolom komentar di bawah ini. Mari bersama-sama kita belajar untuk menjadi insan yang lebih baik lagi.
           
          Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

          Berlangganan update artikel terbaru via email:

          0 Response to "BULETIN PAGI SEBAGAI MEDIA MENAMBAH WAWASAN DAN MENINGKATKAN DISIPLIN PESERTA DIDIK"

          Post a Comment

          Iklan Tengah Artikel