LATSOL BAHASA BALI KELAS 3 SEMESTER 2

KUMPULAN SOAL PAT KELAS 3


Semangat Pagi,, 
Bahasa Ibu adalah bahasa pertama yang dikuasai oleh manusia sejak dia lahir ke dunia ini. Bahasa ibu biasanya ditentukan berdasarkan suku/etnis dia berasal. Jadi dapat dikatakan bahasa ibu ini merupakan ciri khas atau identitas dari orang tersebut. Bahasa ibu seharusnya menjadi bahasa yang paling sering anak gunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk interkasi dengan lingkungan sekitar.

Bahasa ibu untuk masyarakat Bali adalah bahasa bali. Dalam penerapannya di lapangan, masih banyak anak didik kita yang belum fasih berkomunikasi dengan bahasa bali. Mereka cenderung lebih fasih menggunakan bahasa asing lainnya seperti bahasa inggris. Hal ini terlihat ketika anak mendapatkan pelajaran bahasa bali di sekolah, masih banyak anak-anak yang belum mengetahui betul bahasa bali. Padahal bahasa ibu itu mencirikan suatu keberagaman bangsa ini. Begitu beragam bahasa yang dimiliki oleh bangsa kita. Oleh sebab itu, kita harus tetap menjaga bahasa ibu kita yaitu bahasa bali agar tetap ajeg.

Di sekolah dasar bahasa bali menjadi salah satu mata pelajaran yang terlihat sulit bagi anak didik kita. Contohnya saja dalam merubah aksara latin ke aksara bali. Jangankan menyalin aksara latin ke aksara bali, menghapal aksara bali pun anak-anak masih belum sanggup. Padahal setiap ulangan apapun pasti peserta didik diminta untuk menyalin aksara latin ke aksara bali, namun masih banyak anak yang belum hapal. 

Sesungguhnya anak bisa mengerjakan soal bahasa bali jika soal itu diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Masih banyak anak yang belum menguasai secara mendetail kata-kata yang ada dalam bahasa bali. Misalnya jika ada soal bahasa bali seperti ini "jani rahina soma, yening bin puan rahina?"  Saya jamin banyak anak didik kita yang tidak mengerti arti soal tersebut. Padahal jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia soal tersebut akan sangat mudah dijawab oleh siswa. Jika diterjemahkan soal tersebut memiliki arti "sekarang hari Senin, 2 hari lagi hari apa?" Tentu anak dengan mudahnya menjawabnya yaitu hari Rabu. Namun jika ditanyakan bahasa bali hari Rabu, maka peserta didik tentu akan kesulitan menjawabnya. Hal-hal sekecil itulah yang perlu kita sering kali ajarkan kepada anak didik kita.

Apalagi akhir Bulan Mei ini akan dilaksanakan PAT, tentu kita sebagai pendidik harus semakin sering melatih anak didik kita agar fasih berbahasa Bali. Salah satunya yaitu memberikan latihan-latihan soal bahasa bali. Tentunya dengan harapan, semakin banyak anak berlatih maka semakin banyak pula kosa kata bahasa bali yang mereka peroleh dan semakin siap pula anak untuk menghadapi Penilaian Akhir Tahun (PAT). 

Di sini saya akan berbagi contoh soal PAT  yang dapat digunakan sebagai latihan peserta didik menghadapi PAT. Selain itu, bagi bapak/ibu guru dapat menggunakan soal ini sebagai refrensi dalam penyusunan soal PAT. Soal yang akan saya bagikan ini juga dilengkapi dengan kunci jawabannya, sehingga memudahkan bapak/ibu untuk memeriksa hasil pekerjaan anak didiknya. Berikut soal PAT yang dapat bapak/ibu unduh secara gratis.


(UNDUH)

Selain soal di atas, saya juga sisipkan soal lainnya yang dapat bapak/ibu pergunakan juga sebagai latihan anak didiknya ataupun sebagai refrensi dalam penyusunan soal PAT. Berikut filenya yang dapat bapak/ibu unduh secara gratis.


 (UNDUH)

Semoga soal-soal di atas dapat bermanfaat bagi bapak/ibu semuanya baik bagi refrensi dalam penyusunan soal PAT ataupun sebagai latihan anak didik kita dalam mengahadapi PAT.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "LATSOL BAHASA BALI KELAS 3 SEMESTER 2"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel