PPJJ SD SECARA DARING MELALUI TVRI

Panduan Pembelajaran Jarak Jauh melalui TVRI

Semangat Pagi sahabat sang pendidik,
Sudah hampir 1 bulan ini siswa melaksanakan pembelajaran secara daring atau luring di rumah masing-masing. Hal ini dikarenakan negara kita sedang terkena wabah virus corona. Tidak hanya negara kita saja seluruh negara mengalami hal yang sama. Akibatnya pemerintah meminta masyarakat untuk tidak bepergian atau melaksanakan physical distancing untuk memutus rantai penyebaran virus corona. 

Itulah salah satu alasan kenapa hingga saat kini siswa masih belum bisa melaksanakan pembelajaran seperti biasa di sekolah. Siswa diminta untuk melaksanakan pembelajaran di rumah masing-masing yang didampingi oleh orang tua mereka. Selama melaksanakan proses pembelajaran di rumah, orang tualah yang berperan sementara menjadi guru. Namun guru tetap membimbing, memberikan arahan dan memantau selalu perkembangan siswa selama melaksanakan pembelajaran di rumah. Salah satunya yaitu dengan cara membuat grup belajar melalui aplikasi WhatsApp. Melalui aplikasi inilah siswa dan guru akan berdiskusi dan saling menyapa satu sama lainnya.

Melihat kondisi seperti ini, Pemerintah tidak tinggal diam. Baru-baru ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan seruan untuk melaksanakan pembelajaran melalui TV. Pemerintah bekerjasama dengan saluran TVRI untuk menayangkan acara-acara yang bermuatan pendidikan. Sudahkah sahabat semuanya mengetahui jadwalnya? Jika belum yuk simak jadwalnya di bawah ini.


Pembelajaran melalui saluran TVRI sudah dimulai sejak Hari Senin, 13 April 2020. Waktu yang digunakan pada jadwal di atas adalah Waktu Indonesia Barat (WIB). Tayangan yang diberikan pun sarat akan pendidikan. Setelah siswa menonton acara tersebut, siswa harus menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan acara yang telah ditonton. Siswa dapat menjawab pertanyaan tersebut pada buku panduan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Di buku Berikut admin berikan panduan PJJ. Silahkan dapat diunduh untuk keperluan siswa-siswinya.

PANDUAN PJJ KELAS I, II, dan III
   
PANDUAN PJJ KELAS IV, V, dan VI 

 
Panduan di atas dikemas menyerupai LKS yang dimana setiap pertemuan terdapat pertanyaan sesuai dengan acara di TVRI. Sahabat dapat memberikan panduan ini agar siswa dapat mengerjakannya secara langsung pada buku tersebut. Panduan ini dapat dikumpulkan sebagai portofolio guru seandainya diminta bukti bahwa anak-anak memang sudah benar melaksanakan pembelajaran melalui saluran TVRI.

Itulah informasi yang dapat admin sampaikan. Mudah-mudahan informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terimakasih
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PPJJ SD SECARA DARING MELALUI TVRI"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel