PERMAINAN ENGKLEK BERBANTUAN KARTU KATA

Media inovatif permainan engklek berbantuan kartu kata sangat tepat digunakan di kelas dalam proses pembelajaran
Gambar 01. Guru Meletakkan Kartu Soal di Masing-Masing Kotak

Semangat Pagi,, 
Media pembelajaran adalah suatu alat yang digunakan oleh guru sebagai perantara dalam menyampaikan informasi atau materi kepada siswa. Dengan adanya media pembelajaran maka guru akan lebih mudah menyampaikan materi yang ingin disampaikan. Selain itu pembelajaranpun akan lebih bermakna karena siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Begitu penting media pembelajaran, sehingga guru diharapkan dapat mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran. Sudahkah sahabat sang pendidik menggunakan media saat mengajar?

Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi informasi mengenai media pembelajaran yang admin buat dan sudah diterapkan saat pembelajaran di Kelas. Media pembelajaran tersebut mungkin tidak asing lagi bagi sahabat sang pendidik. Media tersebut adalah Engklek berbantuan Kartu Kata. Engklek adalah permainan tradisional yang mana pemainnya harus melompat dengan satu kaki untuk melewati beberapa garis yang berpola kotak-kotak. Permainan ini sangat terkenal pada zamannya yaitu sekitaran tahun 1990-an. Anak-anak saat itu, sangat gemar memainkan permainan ini. Namun, seiring perkembangan zaman permainan ini perlahan mulai memudar dan dikalahkan dengan permainan canggih zaman sekarang. Nah, melihat fenomena ini, admin akan memperkenalkan kembali kepada siswa permainan engklek sebagai media pembelajaran.

Permainan engklek yang biasanya dilakukan dengan menggambar kotak-kotak di tanah atau lantai, dimodifikasi dengan menggunakan lembar karton berukuran 40 x 40 cm yang dibuat kotak-kotak. Setiap kotaknya diberikan warna yang berbeda agar lebih menarik. Agar kelas terlihat lebih luas maka guru bersama siswa membentuk pola tempat duduk siswa seperti huruf U, yaitu dibagian tengah-tengah dikosongkan

Permainan dimulai dengan hompimpa untuk menentukan kelompok siapa yang memulai terlebih dahulu. Lalu salah satu perwakilan kelompok mulai melemparkan gacuk (benda apapun yang penting kecil dan permukaannya datar) pada kotak pertama yang  dekat pemain. Kemudian pemain mulai meloncat dengan satu kaki dari kotak kedua sampai kotak berikutnya dan kembali lagi untuk mengambil gacuk dan kartu kata pada kotak pertama. Sampai di tepi, siswa bersama teman kelompok bekerjasama memecahkan permasalahan pada kartu kata yang telah diambil. Guru memberikan waktu 3 menit untuk berdiskusi dan setelah itu perwakilan kelompok mendeskripsikan kata yang didapatnya tersebut. Jika dapat menjawabnya, anak lanjut bermain. Jika tidak, dilanjutkan ke kelompok selanjutnya. Berikut, admin sisipkan video pembelajaran dengan menggunakan media Permainan Engklek berbantuan Kartu Kata yang telah diaplikasikan di Kelas.


Melalui permainan Engklek ini, akan tercipta pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Hal inilah yang akan memudahkan guru dalam mentransfer ilmu yang diajarkan kepada siswa melalui sebuah permainan. Selain itu dengan memainkan permainan ini kita diingatkan kembali agar tidak melupakan permainan tradisional yang merupakan warisan turun-temurun yang harus dilestarikan agar tidak tenggelam oleh arus globalisasi. 


Demikianlah media Permainan Engklek berbantuan kartu kata yang telah admin buat. Sahabat sang pendidik dapat menerapkan media ini kepada siswa di sekolah. Sahabat sang pendidik dapat juga mengkreasikan bentuk permainan engklek tersebut, karena saya yakin setiap daerah memiliki aturan dan bentuk yang berbeda. Namun yang menjadi intinya yaitu bagaimana permainan ini dapat kita bawa ke dalam kelas sebagai bentuk sebuah media pembelajaran yang tentunya akan bermanfaat bagi siswa.

Semoga postingan saya ini dapat membantu sahabat sang pendidik, dalam berkreasi dan menciptakan berbagai macam media pembelajaran yang sederhana namun bermakna bagi proses pembelajaran di kelas. 

Selamat mencoba,,
Selamat berkreasi dan teruslah berinovasi,,
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PERMAINAN ENGKLEK BERBANTUAN KARTU KATA"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel