MEDIA HELM KATA


Semangat Pagi,, 
Kata media mungkin tidak asing bagi sahabat sang pendidik semuanya yang berkecimpung di dunia pendidikan. Media merupakan senjata yang ampuh digunakan untuk mengusir rasa bosan siswa terhadap pembelajaran. Apabila  ditanya apakah media penting untuk pembelajaran di kelas? Jawabannya sudah pasti, bahwa media adalah perangkat pembelajaran yang sangat penting dan disarankan ada di setiap pembelajaran agar siswa merasa bersemangat dalam pembelajaran. Selain itu tentunya akan menambah keaktifan siswa dalam pembelajaran sehingga peran guru menjadi lebih ringan hanya sebagai fasilitator.

Pada hari ini admin akan membagikan salah satu media yang telah admin terapkan di kelas. Media tersebut admin beri nama media "Helm Kata". Helm kata adalah suatu media pembelajaran inovatif yang dimainkan secara berpasangan, dimana siswa yang satu sebagai pengarah kata yang bertugas mengarahkan kata kepada pasangannya dan siswa yang satu lagi sebagai penebak kata sambil memakai helm yang berisi kata. Siswa yang bertugas sebagai pengarah kata hanya diperbolehkan menjawab “ya atau tidak” dan siswa penebak kata berusaha berbicara panjang lebar sesuai dengan tema yang diberikan oleh guru agar bisa menjawab kata yang terdapat pada helm yang dipasangkan kepadanya. Berikut cuplikan gambar proses pembelajaran dengan menggunakan helm kata.  




Gambar 01. Guru memasangkan kata dan mulai menghitung waktu yang dibutuhkan oleh peserta untuk menebak kata yang terpasang di helm

Gambar 02. Siswa yang bertugas sebagai penebak mulai berusaha panjang lebar berbicara kepada temannya yang bertugas sebagai pengarah 

Proses pembuatan media “Helm Kata” tergolong sederhana karena bahan yang digunakan sebagai helm mudah didapat yaitu bola plastik. Secara detail proses pembuatannya yaitu sebagai berikut. 1) Potong bola plastik menjadi 2 buah bagian yang sama. 2) Salah satu potongan bola plastik tersebut akan dijadikan helm nantinya. 3) Setelah helm selesai dibuat, barulah mempersiapkan kata-kata yang akan digunakan dalam permainan tersebut. Kata-kata yang dibuat harus berhubungan dengan materi yang akan diajarkan. 4) Kata-kata tersebut dibuat dengan ukuran 10 cm x 5 cm agar mudah dibaca oleh siswa. 5) Setelah kata-kata rampung dibuat barulah di print out. 6) Kemudian kata tersebut dilaminating dan diberi perekat agar nantinya bisa menempel pada bola plastik. 7) Rekatkan kata yang sudah dilaminating tersebut ke bola plastik yang sudah di potong tadi. 8) Helm kata siap digunakan. 
 
Melalui penggunaan media Helm Kata ini, siswa akan lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Siswa harus memahami dan mempelajari materi yang akan digunakan dalam permainan ini. Media ini mengajak siswa untuk belajar sambil bermain, sehingga waktu berlalu begitu cepat dan siswapun merasa senang dan tidak ada kata bosan lagi dalam proses pembelajaran. Tugas guru hanya sebagai fasilitator dan membimbing siswa dalam kegiatan pembelajaran. Selebihnya siswa yang lebih banyak terlibat sehingga suasana pembelajaran lebih hidup.

Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi sahabat pendidik yang berprofesi sebagai guru. Apabila bermanfaat silahkan dapat dibagikan kepada sahabat-sahabat lainnya. Silahkan sahabat sang pendidik yang ingin memperoleh informasi mengenai media inovatif lainnya dapat mengikuti Blog ini, admin akan senang saling berbagi satu sama lain. Selamat bertemu di postingan berikutnya dengan media inovatif lainnya.
Selamat mencoba,,
Salam inovasi,,
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MEDIA HELM KATA"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel