CETAK ABSEN SIDIK JARI

Absen Sidik Jari

Semangat pagi sahabat sang pendidik,,
Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai cara mencetak absen sidik jari melalui website Pemkab Jembrana. Seperti yang kita ketahui bersama Pemkab Jembrana sudah mulai menggunakan absen sidik jari atau yang sering disebut fingerprint. Tujuan penggunaan mesin ini sudah jelas untuk mendisiplinkan seluruh pegawai yang ada di Pemkab Jembrana dan menjadi salah satu syarat yang harus terpenuhi khususnya bagi pendidik agar TPG terbayarkan.

Mulai tahun 2020 ini masing-masing OPD di Kabupaten Jembrana sudah siap menggunakan absen sidik jari. Absen sidik jari yang terdapat di masing-masing sekolah masih bersifat offline yang artinya tidak langsung terhubung dengan Dinas Kabupaten Jembrana. Hal ini mungkin terkendala sinyal yang tidak bersahabat khususnya bagi sekolah yang berada di pedesaan. Jadi untuk mensiasatinya, setiap bulannya masing-masing sekolah wajib mengirimkan rekap absen yang terdapat pada mesin fingerprint. Melalui rekap data tersebut, maka akan terlihat tingkat kehadiran pegawai di masing-masing sekolah. Nantinya data ini akan diunggah oleh operator Dinas ke website Pemkab Jembrana.  Jadi nantinya, jika ada permintaan untuk mengumpulkan rekap absen sidik jari, maka sahabat sang pendidik dapat mengunduhnya melalui website hadir.jembranakab.go.id. Di website hadir.jembranakab.go.id sahabat juga dapat melihat seluruh kehadiran masing-masing OPD di Kabupaten Jembrana.

Untuk lebih jelasnya, saya akan berbagi informasi mengenai cara mengakses website hadir.jembranakab.go.id sehingga sahabat semuanya dapat mengunduh rekap absen setiap bulannya.

LANGKAH 1

Pertama-tama sahabat klik website hadir.jembranakab.go.id nanti setelah di klik akan terlihat gambar seperti di bawah ini.


LANGKAH 2
Sahabat bisa klik login page yang terletak di pojok kanan atas, seperti yang ditunjuk oleh tanda panah berikut.

LANGKAH 3
Setelah di klik, maka akan muncul User Name dan Enter Password, untuk User Name sahabat bisa menggunakan admin dan Passwordnya Admin 123. Setelah memasukkan User Name dan Password , kemudian klik Login yang terletak di bagian bawah.
LANGKAH 4
Selanjutnya sahabat dapat memilih menu data absensi yang terletak di bagian atas nomor 2 dari kiri, seperti yang ditunjukkan oleh tanda panah pada gambar di bawah ini.
LANGKAH 5
Setelah sahabat klik menu data absensi, maka akan muncul daftar OPD se-Kabupaten Jembrana. Silahkan sahabat cari OPD masing-masing. Setelah sahabat menemukan OPD-nya, maka langkah selajutnya yaitu klik OPD tersebut. Misalnya ingin mencari rekap absen Kecamatan Mendoyo, sahabat tinggal klik gambar garis atau nama OPD-nya langsung, seperti gambar berikut.



LANGKAH 6
Pada tahap ini, silahkan masukan tanggalnya. Jika ingin mengambil absen bulan Januari, sahabat masukan tanggal 01/01/2020 pada kolom Mulai Tanggal dan 31/01/2020 pada kolom s/d. Setelah itu klik tombol cari yang berwarna hijau. Maka akan muncul nama-nama guru sesuai OPD yang kalian pilih sebelumnya seperti pada gambar berikut.

LANGKAH 7
Setelah muncul nama-namanya, sahabat tinggal unduh file excelnya yang terletak di bagian atas. Data yang sudah diunduh siap untuk dipergunakan.


Itulah beberapa tahapan untuk dapat mengunduh rekapan absen sidik jari melalui website Pemkab Jembrana. Semoga informasi ini dapat membantu sahabat sang pendidik semuanya.
Sampai jumpa di postingan berikutnya....
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "CETAK ABSEN SIDIK JARI"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel