CARA CEPAT DAN MUDAH MENGECEK AKUN BELAJAR.ID SUDAH TERTAUT DENGAN SIMPKB


Semangat Pagi,,
Akun Pembelajaran merupakan akun elektronik yang memuat nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik. Sesuai dengan Surat Edaran dari Dirjen GTK No. 0697/B.B5/GT.01.15/202, seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan yang telah terdaftar pada platform SIMPKB agar menautkan akun belajar.id-nya pada data personal pengguna di platform SIMPKB paling lambat 12 Maret 2022.
 
Namun sampai detik ini masih banyak guru-guru yang mengalami kebingungan mengenai akun belajar.id ini. Pertama masih adanya kebingungan dari guru-guru untuk menautkannya dengan SIMPKB. Bagi bapak/ibu yang masih bingung cara menautkan akun belajar.id dengan SIMPKB, silahkan bisa klik DISINI untuk melihat cara mudah menautkannya. Permasalahan kedua, banyak guru-guru yang lupa akan password akun belajar.id. Apabila ada guru yang lupa password akun belajar.id tidak perlu khawatir karena password akun belajar untuk guru dapat direset (diatur ulang) dengan menggunakan akun belajar.id admin (kepala sekolah dan Tata Usaha). Untuk dapat mereset password akun belajar.id silahkan dapat melihat caranya DISINI.

Selain 2 permasalahan di atas, ternyata ada permasalahan satu lagi yang masih menjadi kendala bagi guru-guru yaitu mengecek apakah benar akun belajar.id sudah tertaut dengan SIMPKB. Apabila akun belajar.id bapak/ibu sudah tertaut dengan SIMPKB sesuai langkah-langkah di atas, maka sudah dipastikan bapak/ibu bisa login ke SIMPKB hanya dengan menggunakan akun belajar.id tanpa harus memasukkan username dan password lagi seperti login SIMPKB pada umumnya.

Berikut akan saya paparkan bagaimana cara cepat dan mudah mengecek akun belajar.id sudah tertaut dengan SIMPKB:
  1. Silahkan buka google crome terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, klik gambar yang berada di sebelah kanan titik 9 seperti yang ditunjukkan oleh gambar no. 1. Kemudian pilih tambahkan akun lainnya seperti yang ditunjukkan oleh gambar no. 2

  3. Masukan username akun belajar.id (lihat gambar no. 1) lalu klik berikutnya (lihat gambar no. 2). Setelah itu masukan password atau kata sandi akun belajar.id (lihat gambar 3) lalu klik berikutnya (lihat gambar 4).

  4. Setelah masukan username dan password akun belajar.id, nanti bapak/ibu akan kembali ke google dengan tampilan yang berbeda yaitu sudah menggunakan akun google dari akun belajar.id bapak/ibu. Jika bapak/ibu arahkan kursor pada gambar yang ditunjuk pada tanda panah di atas, akan ada tulisan ..@guru.sd.belajar.id itu berarti bapak/ibu sudah berhasil login ke google dengan menggunakan akun belajar.id admin.
  5. Langkah selanjutnya yaitu silahkan ketikan di pencarian google dengan kata kunci SIMPKB, nanti akan terlihat pencarian paling atas seperti yang terlihat pada gambar 1 di bawah ini. Kemudian klik login SIMPKB

  6. Nanti tampilannya akan terlihat seperti gambar di bawah ini, lalu klik tulisan akun belajar.id seperti yang ditunjukkan oleh gambar 1 di bawah ini

  7. Setelah klik tulisan akun belajar.id maka secara otomatis akan langsung login ke SIMPKB bapak/ibu tanpa harus memasukan password dan userame SIMPKB. 
  8. Jika bapak/ibu berhasil login ke SIMPKB dengan menggunakan akun belajar.id itu berarti akun belajar.id bapak/ibu sudah tertaut dengan SIMPKB.

Itulah cara atau langkah-langkah untuk mengecek akun belajar.id apakah sudah tertaut dengan SIMPKB atau belum. Mudah bukan? Jadi bapak/ibu guru tidak perlu khawatir dan bingung lagi apakah akun belajar.id sudah tertaut atau belum dengan SIMPKB. Cukup dengan mengikuti langkah-langkah di atas saja. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi bapak/ibu guru semuanya.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "CARA CEPAT DAN MUDAH MENGECEK AKUN BELAJAR.ID SUDAH TERTAUT DENGAN SIMPKB"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah