MATERI KELAS V TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 - ORGAN GERAK HEWAN


Semangat Pagi,,
Bagaimana kabar kalian hari ini anak-anak? Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan keselamatan. Ingat di masa pandemi ini anak-anak harus selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Kalian harus selalu menerapkan 5M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas).
 
Hari ini adalah hari pertama kalian mengikuti pembelajaran di tahun ajaran baru yaitu tahun ajaran 2021/2022. Pada hari ini kita akan belajar Tema 1 Subtema 1 (Organ Gerak Hewan) Pembelajaran 1.  Silahkan baca dan simak baik-baik penjelasan dan materi berikut ini. Kalau ada hal-hal yang penting, silahkan kalian bisa catat di buku catatan kalian.

Pada percakapan di atas, ada seorang anak yang bertanya, kenapa kelinci bisa meloncat dan berlari lincah? Kemudian bapak tersebut menjawab, kelinci dapat meloncat dan berlari lincah karena didukung oleh organ geraknya. Nah apakah kalian tahu apa nama organ gerak pada kelinci? Ya benar organ gerak pada kelinci adalah kaki. Dengan menggunakan kaki kelinci dapat berlari dan meloncat dengan lincah.
Organ Gerak adalah alat-alat gerak pada makhluk hidup yang berfungsi untuk berjalan, berlari, melompat, berenang, dan sebagainya.
Bagaimana sudah paham kalian mengenai organ gerak pada kelinci? Nah agar kalian lebih paham lagi mengenai organ gerak, silahkan kalian baca teks di bawah ini.

Organ Gerak Manusia dan Hewan
     Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak. Secara umum, gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh. Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya. 
     Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak. Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya. 
     Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan. Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan. Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.
     Tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya. Tanpa adanya alat gerak aktif yang memengaruhi tulang, maka tulang-tulang pada manusia dan hewan akan diam dan tidak dapat membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya. Walaupun merupakan alat gerak pasif, akan tetapi tulang mempunyai peranan yang besar dalam sistem gerak manusia dan hewan. 
     Otot disebut alat gerak aktif karena otot memiliki suatu senyawa kimia yang membuatnhya dapat bergerak. Pada saat otot yang menempel pada tulang bergerak, otot tersebut akan membuat tulang bergerak.
 
Teks berjudul “Organ Gerak Manusia dan Hewan” terdiri atas lima paragraf. Apakah kalian tahu apa itu paragraf? 
Paragraf adalah kalimat yang menjorok ke dalam yang tersusun dari ide atau gagasan pokok ditambah dengan kalimat-kalimat pengembang.
Bisakah kalian menunjukkan yang mana saja termasuk paragraf 1, paragraf 2, paragraf 3, paragraf 4, dan paragraf 5 pada bacaan di atas yang berjudul "Organ Gerak Manusia dan Hewan". Ayo coba tunjukkan!

Mari kita simak gambar di bawah ini untuk melihat mana saja yang termasuk paragraf 1 sampai paragraf 5.


Tanda panah merah pada gambar di atas, menunjukkan bahwa kalimat tersebut menjorok ke dalam. Itulah yang disebut dengan paragraf. Bagaimana sudah paham kalian mengenai paragraf?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas paragraf adalah kalimat yang menjorok ke dalam yang tersusun dari ide atau gagasan pokok ditambah dengan kalimat-kalimat pengembang. Tahukah kalian apa itu ide atau gagasa pokok?
Ide pokok atau gagasan pokok adalah inti atau pokok dari sebuah pembahasan.
Perhatikan kembali paragraf 1 pada teks yang berjudul "Organ Gerak Manusia dan Hewan"
Coba tentukan ide pokok atau gagasan pokok paragraf 1 di atas!
Adapun ide pokok atau gagasan pokok pada paragraf 1 di atas adalah "Salah satu ciri makhluk hidup adalah bergerak". Ide pokok atau gagasan pokok bisa terletak di awal paragraf ataupun di akhir paragraf. Pada paragraf 1 di atas ide pokok terletak di awal paragraf.
 
Bagaimana sudahkah kalian paham mengenai organ gerak hewan, menentukan paragraf dan menentukan ide pokok atau gagasan pokok? Untuk mengukur pemahaman kalian mengenai materi Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 yang sudah bapak paparkan tadi silahkan kalian jawab pertanyaan di bawah ini!
 
Soal terdiri dari 10 soal, masing-masing soal bernilai 10 jadi jika benar semuanya maka akan memperoleh nilai 100. Sebelum menjawab soal silahkan isi terlebih dahulu identitas kalian seperti nama, no. absen, kelas dan nama SD. Selamat mengerjakan anak-anak, semoga memperoleh nilai yang maksimal.

Untuk melihat skor dari soal yang telah kalian jawab di atas, dapat dilihat pada rekapan di bawah ini!

Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MATERI KELAS V TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 - ORGAN GERAK HEWAN"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah