SOAL DAN PEMBAHASAN MODUL BELAJAR MANDIRI PPPK PROFESIONAL PPKN PEMBELAJARAN 1




1. PPKn merupakan program pendidikan yang berfokus pada pembentukan kepribadian yang berasaskan pada nilai-nilai Pancasila. Sehingga PPKn mengusung tradisi Citizenship Transmission ke dalam konsep utuh pembelajarannya yang bersifat?
a. Value creation
b. Value inculcation
c. Value education
d. Value competition
e. Value civic

2. Transfer knowledge yang bersumber dari falsafah budi pekerti gagasan Ki Hajar Dewantara, merupakan prakonsepsi keilmuan PPKn di Indonesia yang berbasis pembentukan rasa kebangsaan yang suci, ketertiban dan kedamaian lahir batin terhadap warga Negara. Konsepsi ini merupakan bentuk lain dari konsep pendidikan?
a. Morality
b. Social
c. Religius
d. Multikultur
e. Norma
 
3. Perasaan moral sebagai suatu yang wajib, ikatan rasional akan kebaikan, dan rasa kebebasan, perlu dipedomani oleh seluruh warganegara Indonesia sebagai upaya mewujudkan?
a. Kesadaran diri
b. Kesadaran beraspirasi
c. Kesadaran berkonstitusi
d. Kesadaran hokum.
e. Kesadaran politik

4. Memusatkan perhatian pada perkembangan siswa dan membentuknya menjadi pribadi yang tangguh dan baik sebagai warganegara sehingga dapat dilabelkan sebagai warganegara yang desirable personal quality merupakan hakikat dari?
a. PPKn sebagai Pendidikan Moral
b. PPKn sebagai Pendidikan Hukum
c. PPKn sebagai Pendidikan Ilmu Sosial
d. PPKn sebagai Pendidikan Politik
e. PPKn sebagai Pendidikan Multikultural

5. Patriotik, toleren, setia terhadap bangsa dan negara, beragama menjadi karakter-karakter urgen bagi seluruh warganegara Indonesia. PPKn kedudukannya sebagai program pendidikan memiliki dalih yang kuat dengan mempondasikan ilmunya dan implikasi pembelajarannya berpusat pada?
a. Nilai-nilai Pancasila
b. Nilai-nilai Religius
c. Nilai-nilai Sosial
d. Nilai-nilai Hukum
e. Nilai-nilai Kearifan Lokal

6. Koherensi tujuan dan capaian pembelajaran PPKn memusatkan pada 3 hal yaitu keterampilan, pengetahuan, dan karakter. Ketiganya diadaptasi di Indonesia untuk menjadikan warganegara yang baik dan cerdas. Namun tentunya secara pedagogis dan yuridis koherensi tersebut perlu berpusat pada kaidah-kaidah kurikulum untuk muatan pelajaran PPKn. Pertanyaanya, apa yang melandasi penjelasan tersebut?
a. Sinergi antar program pendidikan
b. Adanya pendidikan moral
c. Sebagai sinergitas PPKn dengan kurikulum
d. Sebagai relevansi keilmuan
e. Perwujudan kompetensi peserta didik

7. Mengambil kaidah dan urgensi makna penjewantahan pancasila kedalam pembelajaran PPKn menjadi prospek positif pembelajaran PPKn. Bagi peserta didik ini memungkinkan mereka dapat?
a. Meningkatkan kapabilitas diri menjadi seseorang yang berguna bagi negara
b. Memberdayakan hakikat PPKn dalam memahami dan merealisasikan filosofi pancasila di dalam kehidupan berbangsa, dan bernegara.
c. Bersumbangsi aktif terhadap pembelajaran PPKn yang filosofis
d. Perwujudan dalam pembangunan nasional berdasarkan norma-norma hokum
e. Memberdayakan kedudukan pancasila sebagai dasar negara
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "SOAL DAN PEMBAHASAN MODUL BELAJAR MANDIRI PPPK PROFESIONAL PPKN PEMBELAJARAN 1"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah