LATIHAN SOLDAR PERKALIAN PECAHAN DESIMAL KELAS V SEMESTER 1


Semangat Pagi,,
Bilangan Pecahan Desimal adalah bentuk lain dari suatu pecahan. Ciri dari pecahan desimal adalah tanda koma (,). Contoh dari pecahan desimal seperti 0,3 ; 0,5 dan masih banyak lainnya. Nah pada kesempatan kali ini kita akan belajar perkalian pecahan desimal. Nah bagaimana caranya? Mari kita simak baik-baik caranya.

Untuk menyelesaikan perkalian pecahan desimal, kita dapat menggunakan 2 cara yaitu "Perkalian Desimal dengan Cara Mengubah menjadi Bentuk Pecahan Biasa" dan "Perkalian Desimal dengan Perkalian Biasa". Untuk lebih jelasnya kita akan bahas satu persatu caranya.
 
1. PERKALIAN DESIMAL DENGAN CARA MENGUBAH MENJADI BENTUK PECAHAN BIASA   
Hal yang pertama kita lakukan yaitu mengubah pecahan desimal tersebut menjadi pecahan biasa. Setelah kita berhasil mengubah pecahan desimal tersebut ke bentuk pecahan biasa. Langkah terakhir kita tinggal mengalikan kedua pecahan biasa tersebut. Untuk lebih mudahnya perhatikan contoh di bawah ini!
 
 
2. PERKALIAN DESIMAL DENGAN PERKALIAN BIASA
Cara kedua ini kalian tinggal mengalikan pecahan desimal dengan menggunakan hitung susun seperti yang sudah pernah kalian lakukan. Untuk lebih mudahnya silahkan kalian lihat contoh di bawah ini!

 
Nah itulah cara perkalian pecahan desimal, jadi kita dapat memilih cara mana saja yang menurut kita lebih mudah. Jika kita ingin menggunakan cara pertama yaitu "Perkalian Desimal dengan Cara Mengubah menjadi Bentuk Pecahan Biasa", kita harus mengubah pecahan desimal terlebih dahulu menjadi pecahan biasa. Setelah itu kita kalikan pembilang degan pembilang dan penyebut dengan penyebut, maka didapatlah hasilnya. 
 
Sedangkan jika kita menggunakan cara kedua yaitu "Perkalian Desimal dengan Perkalian Biasa" kita cukup mengalikan pecahan desimal tersebut, namun sebelumnya kita hilangkan terlebih dahulu komanya agar tidak membingungkan. Setelah diperoleh hasilnya barulah kita atur letak komanya, dengan menjumlahkan koma.

Nah untuk menguji pemahaman kalian tentang materi "PERKALIAN PECAHAN DESIMAL", sekarang coba kalian kerjakan soal di bawah ini! Silahkan kalian kerjakan dengan cara pertama atau cara kedua seperti contoh di atas.



 
 
 
 
 
 





Selamat mengerjakan, semoga hasilnya memuaskan.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "LATIHAN SOLDAR PERKALIAN PECAHAN DESIMAL KELAS V SEMESTER 1"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel