MEDIA PEMBELAJARAN DARING VIDEO PEMBELAJARAN KELAS I SD

Materi yang ada dalam video akan disesuaikan dengan materi yang terdapat pada buku siswa. Adapun materi Kelas I yang harus peserta didik pelajari yaitu terdiri dari 8 Tema.   Semester 1  Tema 1: Diriku  Tema 2: Kegemaranku  Tema 3: Kegiatanku  Tema 4: Keluargaku  Semester 2  Tema 5: Pengalamanku  Tema 6: Lingkungan yang Bersih, Sehat dan Asri  Tema 7: Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku  Tema 8: Peristiwa Alam   Berikut Video pembelajaran yang dapat diunduh dan siberikan kepada pesera didik.   Tema 1 Sub Tema 1. Aku dan Teman Baru (Siapakah Namamu?)     Tema 1 Sub Tema 1. Aku dan Teman Baru (Memperkenalkan Diri)     Tema 1 Sub Tema 1.Aku dan Teman Baru (Mengenal Huruf)     Tema 1 Sub Tema 2.Tubuhku     Tema 1 Sub Tema 3.Aku Merawat Tubuhku     Tema 2. Kegemaranku     Tema 4. Kekuargaku      Demikianlah beberapa video pembelajaran yang dapat saya bagikan. Video di atas sudah disesuaikan dengan materi yang terdapat di buku siswa. Harapannya tentu dengan video tersebut, siswa akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan selama pembelajaran daring dilaksanakan. Selain itu, peran orang tua di rumah akan memiliki andil yang sangat besar terhadap keberhasilan pembelajaran secara daring ini. Guru di sini hanya memfasilitasi siswa agar dapat belajar dan membimbing jika menemui kesulitan terhadap materi yang diberikan.

Semangat Pagi,,
Tahun ajaran baru sudah akan dimulai, melihat situasi pandemi seperti sekarang ini maka pembelajaran tatap muka kemungkinan masih belum bisa diterapkan. Hal ini sangat berisiko, karena anak-anak khususnya siswa Sekolah Dasar masih belum paham sepenuhnya bahaya yang ditimbulkan akibat virus Covid-19. Oleh sebab itu kemungkinan pembelajaran secara online (daring) akan menjadi salah satu alternatif agar siswa tetap belajar meskipun belajar di rumah masing-masing.

Pembelajaran secara daring tentu memiliki kesulitan tersendiri jika dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka. Salah satu kesulitannya yaitu guru tidak mampu mendampingi peserta didik secara langsung. Selain itu, komunikasi hanya berlangsung melalui via telepon. Melihat kondisi seperti ini, tentu pembelajaran tidak bisa efektif karena keterbatasan guru memberikan pemahaman materi. 

Pada postingan kali ini, saya akan berbagi salah satu media pembelajaran yang kiranya mampu memperdalam pemahaman peserta didik terhadap materi. Media tersebut yaitu video pembelajaran. Video pembelajaran dapat dikatakan sebagai perpanjangan tangan guru untuk membantu peserta didik memahami materi yang akan diberikan. Apalagi dalam video pembelajaran dimunculkan beberapa animasi yang berhubungan dengan materi, tentu akan lebih memotivasi peserta didik untuk tetap semangat belajar.

Video pembelajaran yang akan saya bagikan ini adalah video pembelajaran yang saya dapatkan dari beberapa sumber baik dari media sosial ataupun youtube. Materi yang ada dalam video akan disesuaikan dengan materi yang terdapat pada buku siswa. Adapun materi Kelas I yang harus peserta didik pelajari yaitu terdiri dari 8 Tema.

Semester 1
Tema 1: Diriku
Tema 2: Kegemaranku
Tema 3: Kegiatanku
Tema 4: Keluargaku

Semester 2
Tema 5: Pengalamanku
Tema 6: Lingkungan yang Bersih, Sehat dan Asri
Tema 7: Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku
Tema 8: Peristiwa Alam

Berikut Video pembelajaran yang dapat diunduh dan siberikan kepada pesera didik.

SEMESTER 1
TEMA 1 
Subtema 1 Pembelajaran 1
 
Subtema 1 Pembelajaran 2
 
Subtema 1 Pembelajaran 3
 
Subtema 1 Pembelajaran 4
 
Subtema 1 Pembelajaran 5
 
 Subtema 1 Pembelajaran 6
 
TEMA 1 
Subtema 2 Pembelajaran 1

 
Subtema 2 Pembelajaran 2
 
 Subtema 2 Pembelajaran 3
 
 Subtema 2 Pembelajaran 4
  
Subtema 2 Pembelajaran 5 
   
Subtema 2 Pembelajaran 6

 
TEMA 1 
Subtema 3 Pembelajaran 1

 

Subtema 3 Pembelajaran 2  

Subtema 3 Pembelajaran 3

 

Subtema 3 Pembelajaran 4

 

Subtema 3 Pembelajaran 5

 

Subtema 3 Pembelajaran 6  


 

TEMA 1
Subtema 4 Pembelajaran 1

 

Subtema 4 Pembelajaran 2

 

Subtema 4 Pembelajaran 3

 

Subtema 4 Pembelajaran 4

 

Subtema 4 Pembelajaran 5

 

Subtema 4 Pembelajaran 6    

 

Tema 2. Kegemaranku
 
Tema 4. Kekuargaku
  

SEMESTER 2
TEMA 5 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1
TEMA 5 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2
TEMA 5 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3

TEMA 5 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4
  TEMA 5 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5
TEMA 5 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6   
TEMA 5. SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1
TEMA 5. SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2
TEMA 5. SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3 TEMA 5. SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4 TEMA 5. SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5 TEMA 5. SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6 TEMA 5. SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1 TEMA 5. SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2 TEMA 5. SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3 TEMA 5. SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 4 TEMA 5. SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5 TEMA 5. SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 6 TEMA 6. SUBTEMA 2 TEMA 7. SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5 TEMA 7. SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1 TEMA 7. SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2 TEMA 7. SUBTEMA 4 TEMA 8. SUBTEMA 1 TEMA 8. SUBTEMA 2 TEMA 8 SUBTEMA 3
TEMA 8 SUBTEMA 4
Demikianlah beberapa video pembelajaran yang dapat saya bagikan. Video di atas sudah disesuaikan dengan materi yang terdapat di buku siswa. Harapannya tentu dengan video tersebut, siswa akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan selama pembelajaran daring dilaksanakan. Selain itu, peran orang tua di rumah akan memiliki andil yang sangat besar terhadap keberhasilan pembelajaran secara daring ini. Guru di sini hanya memfasilitasi siswa agar dapat belajar dan membimbing jika menemui kesulitan terhadap materi yang diberikan.
 
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MEDIA PEMBELAJARAN DARING VIDEO PEMBELAJARAN KELAS I SD"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah