MATERI DAN SOLDAR (SOAL DARING) MENGENAL PECAHAN KELAS V SEMESTER 1

Pecahan adalah suatu bilangan yang terdiri dari pembilang dan penyebut. Misalnya pecahan 1/5, yang menjadi pembilang dari pecahan tersebut adalah 1 dan penyebutnya adalah 5, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut ini.       Jadi dalam pecahan bilangan yang paling atas disebut degan pembilang dan bilangan yang dibawahnya disebut dengan penyebut.   Coba perhatikan gambar di bawah ini!              Masih ingatkah kalian, menunjukkan pecahan berapakah gambar di atas?  Ya benar, gambar di atas menunjukkan pecahan 4/5.  4 itu menunjukkan jumlah banyaknya arsiran (yang berwarna biru) dan 5 itu menunjukkan jumlah banyaknya kotak pada gambar di atas. Mudah bukan?   Nah agar kalian lebih paham lagi, coba perhatikan lagi gambar di bawah ini!              Menurut kalian, kira-kira gambar di atas menunjukkan pecahan berapa? Untuk menjawabnya perhatikan gambar di bawah ini!    Ya benar, gambar di atas menunjukkan pecahan 1/4. 1 itu menunjukkan jumlah banyaknya arsiran (yang berwarna ungu), dimana bagian yang diarsir ditunjukkan oleh nomor 1 pada gambar di samping dan 4 itu menunjukkan jumlah bagian dalam lingkaran tersebut. Mudah bukan anak-anak?       Jika kalian sudah paham, coba jawab pertanyaan di bawah ini. Jumlah soal yaitu 10 buah yang berupa isian. Masing-masing soal bernilai 10, jadi jika kalian benar semua maka akan memperoleh nilai 100.   Setelah menjawab soal di atas, kalian dapat melihat hasil jawaban kalian pada kolom di bawah ini. Semoga hasilnya memuaskan ya anak-anak.

Semangat Pagi,,
Pecahan adalah suatu bilangan yang terdiri dari pembilang dan penyebut. Misalnya pecahan 1/5, yang menjadi pembilang dari pecahan tersebut adalah 1 dan penyebutnya adalah 5, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut ini.





Jadi dalam pecahan bilangan yang paling atas disebut degan pembilang dan bilangan yang dibawahnya disebut dengan penyebut.

Coba perhatikan gambar di bawah ini! 









Masih ingatkah kalian, menunjukkan pecahan berapakah gambar di atas?
Ya benar, gambar di atas menunjukkan pecahan 4/5.  4 itu menunjukkan jumlah banyaknya arsiran (yang berwarna biru) dan 5 itu menunjukkan jumlah banyaknya kotak pada gambar di atas. Mudah bukan?

Nah agar kalian lebih paham lagi, coba perhatikan lagi gambar di bawah ini!












Menurut kalian, kira-kira gambar di atas menunjukkan pecahan berapa? Untuk menjawabnya perhatikan gambar di bawah ini!



Ya benar, gambar di atas menunjukkan pecahan 1/4. 1 itu menunjukkan jumlah banyaknya arsiran (yang berwarna ungu), dimana bagian yang diarsir ditunjukkan oleh nomor 1 pada gambar di samping dan 4 itu menunjukkan jumlah bagian dalam lingkaran tersebut. Mudah bukan anak-anak?





Jika kalian sudah paham, coba jawab pertanyaan di bawah ini. Jumlah soal yaitu 10 buah yang berupa isian. Masing-masing soal bernilai 10, jadi jika kalian benar semua maka akan memperoleh nilai 100.


Setelah menjawab soal di atas, kalian dapat melihat hasil jawaban kalian pada kolom di bawah ini. Semoga hasilnya memuaskan ya anak-anak.
 
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MATERI DAN SOLDAR (SOAL DARING) MENGENAL PECAHAN KELAS V SEMESTER 1"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel