MEMBUAT PANTUN NASIHAT HIDUP SEHAT TANPA CORONA

Siapa yang tidak kenal pantun? Pantun biasanya digunakan oleh seseorang untuk menyampaikan ide-ide mereka baik dalam bentuk saran, kritikan maupun untuk menghibur orang banyak. Jadi apa itu pantun? Pantun adalah salah satu puisi lama yang terdiri dari 4 baris dan bersajak silang ( a b a b).    Baris pertama dan kedua pada pantun disebut sampiran dan baris ketiga dan keempat disebut isi. Sampiran adalah kalimat yang biasanya hanya merupakan persendian bunyi kata untuk disamakan dengan bunyi kata pada isi pantun (biasanya kalimat pada sampiran tidak ada hubungannya dengan kalimat pada isi). Sementara isi adalah kalimat yang berisikan pesan apa yang ingin diutarakan si penulis pada pantun tersebut. Jadi pada kalimat ketiga dan keempat (isi) inilah penulis menuangkan pesan yang ingin disampaikan.

Semangat Pagi,, 
Siapa yang tidak kenal pantun? Pantun biasanya digunakan oleh seseorang untuk menyampaikan ide-ide mereka baik dalam bentuk saran, kritikan maupun untuk menghibur orang banyak. Jadi apa itu pantun? Pantun adalah salah satu puisi lama yang terdiri dari 4 baris dan bersajak silang ( a b a b). 

Baris pertama dan kedua pada pantun disebut sampiran dan baris ketiga dan keempat disebut isi. Sampiran adalah kalimat yang biasanya hanya merupakan persendian bunyi kata untuk disamakan dengan bunyi kata pada isi pantun (biasanya kalimat pada sampiran tidak ada hubungannya dengan kalimat pada isi). Sementara isi adalah kalimat yang berisikan pesan apa yang ingin diutarakan si penulis pada pantun tersebut. Jadi pada kalimat ketiga dan keempat (isi) inilah penulis menuangkan pesan yang ingin disampaikan. 

Sebelum kita membuat pantun kita harus mengetahui ciri-ciri dari pantun terlebih dahulu. Adapun ciri-ciri pantun yaitu sebagai berikut.
    1. Terdiri dari 4 baris 
    2. Bersajak silang (a b a b)  
    3. Baris pertama dan kedua disebut sampiran, baris ketiga dan keempat disebut isi  
    4. Terdiri dari 8 sampai dengan 12 suku kata

    Berikut akan admin berikut contoh pantun nasihat yang bertemakan Corona. Kenapa mesti corona? Seperti yang kita ketahui bersama dunia sedang mengalami masa pandemi, dengan pantun ini admin akan sedikit mengedukasi dengan memberika nasihat dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kesehatan agar terhindar dari virus Corona. Berikut beberapa pantun nasihat yang admin buat, silahkan bisa disimak baik-baik.

    Hewan berbelalai namanya gajah
    Tumor ganas namanya kanker
    Jika ingin pergi keluar rumah
    Gunakanlah selalu masker

    Makan nasi dengan bakwan
    Beli bakwan di pasar Jembrana
    Ingat selalu cuci tangan kawan
    Agar bebas dari corona 

    Pergi berlibur ke kota Jambi
    Dari Bali naik pesawat
    Diam di rumah pada masa pandemi
    Hidup sehat duniapun selamat

    Biji kecambah cepat tumbuh
    Tumbuhnya ke arah sinar matahari
    Mari tingkatkan imun tubuh
    Dengan makan makanan bergizi

    Jatuh dari sepeda tangan patah
    Sepeda jatuh karena ditabrak
    Patuhi himbauan pemerintah
    Untuk selalu jaga jarak

    Adik pergi bersama ayah
    Tidak lupa berbekal buah mangga
    Walau tetap diam di rumah
    Ingat selalu berolahraga


    Jalan-jalan di tepi sawah
    Bawa makanan sambil piknik
    Walau Corona sedang mewabah
    Jangan pernah kita panik

    Itulah beberapa pantun nasihat tentang Virus Corona, semoga pantun ini dapat selalu mengingatkan bahwa kita harus hidup sehat agar terhindar dari Virus Corona.
    Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    0 Response to "MEMBUAT PANTUN NASIHAT HIDUP SEHAT TANPA CORONA"

    Post a Comment

    Iklan Tengah Artikel