TRIK MATEMATIKA PERKALIAN 6, 7, 8, DAN 9 TANPA MENGHAPAL

TRIK MATEMATIKA

Semangat Pagi,,
Orang bilang Matematika itu sulit karena harus menghapal berbagai macam rumus termasuk menghapal perkalian. Perkalian menjadi salah satu materi yang menyulitkan bagi siswa Sekolah Dasar terutama siswa kelas rendah (Kelas I, II, dan III). Cenderung siswa hanya mampu dan mudah menyelesaikan perkalian dari 1 sampai 5 saja, namun selebihnya mereka masih kesulitan mengalikannya. Tapi pada hari ini kita akan buat yang sulit itu menjadi mudah. Ingin tahu caranya? Yuk simak baik-baik postingan berikut.


Pada hakikatnya anak SD khususnya kelas rendah daya ingat mereka terhadap materi yang diajarkan di sekolah begitu lemah. Terkadang apa yang kita ajarkan hari ini, keesokan harinya mereka lupa. Hal inilah yang banyak kita temui di lapangan. Ketika siswa diajarkan perkalian 1 sampai 10 mereka hanya mampu mengingat perkalian 1 sampai 5 saja, selebihnya mereka lupa dan tidak mampu mengingatnya. 

Banyak cara yang sudah dilakukan oleh guru untuk memudahkan siswa dalam menghitung perkalian. Mulai dari menghapal sampai dengan mengajarkan konsep perkalian adalah penjumlahan berulang. Jika si anak diminta untuk menghitung 2 x 3, dengan mudahnya siswa akan menjawab bahwa 2 x 3 = 3 + 3 = 6. Namun jika diminta untuk menyelesaikan perkalian yang angkanya di atas 5, maka cenderung mereka mengalami kesulitan untuk mengerjakannya, mungkin diakibatkan karena angkanya terlalu besar. Misal siswa diminta mengerjakan soal 8 x 7. Maka siswa harus menjumlahkan 7 sebanyak 8 kali yaitu 7 + 7 + 7 + 7 + 7 + 7 + 7 +7. Nah dalam menjumlahkan inilah terkadang siswa ceroboh, mungkin dikarenakan angkanya yang terlalu besar dan banyak. Walaupun ada siswa yang menjawab benar, untuk menghitungnya dibutuhkan waktu yang cukup lama. Sedangkan jika diminta untuk menghapal, terkadang daya ingat siswa kelas rendah sangatlah lemah.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, admin mempunyai trik cara hitung cepat perkalian tanpa harus menghapal untuk perkalian 6, 7, 8 dan 9. Bagaimana caranya? Yuk kita simak dengan saksama.


TRIK MATEMATIKA

Pada gambar di atas terdapat 3 soal yang diberikan yaitu 8 x 6, 7 x 6, dan 9 x 8. Mari kita bahas satu per satu.
1) 8 x 6 = ....
  • Pada gambar di atas, di atas angka 8 terdapat angka 2 dan di atas angka 6 terdapat angka 4. Apa artinya? Artinya untuk mencari 10, ternyata 8 harus ditambahkan dengan 2 dan 6 harus ditambahkan 4. Oleh sebab itu, di atas angka 8 kita letakkan angka 2 dan di atas angka 6 kita letakkan angka 4.
  • Langkah kedua perhatikan angka 2 dan angka 4 tadi (angka yang berwarna hitam). Kita kalikan 2 x 4 maka diperoleh 8
  • Setelah itu mari cari hasil 6 - 2 atau 8 - 4, maka diperoleh hasil 4.
  • Maka diperoleh hasil kali 8 x 6 = 48
2) 7 x 6 = ....
  • Pada gambar di atas, di atas angka 7 terdapat angka 3 dan di atas angka 6 terdapat angka 4. Apa artinya? Artinya untuk mencari 10, ternyata 7 harus ditambahkan dengan 3 dan 6 harus ditambahkan 4. Oleh sebab itu, di atas angka 7 kita letakkan angka 3 dan di atas angka 6 kita letakkan angka 4.
  • Langkah kedua perhatikan angka 3 dan angka 4 tadi (angka yang berwarna hitam). Kita kalikan 3 x 4 maka diperoleh hasil 12. Kita tidak diperbolehkan menulis 12  sekaligus. Jadi kita tulis  satuannya 2 dan simpan puluhannya 1 (lihat pada gambar di atas).
  • Setelah itu mari cari hasil 6 - 3 atau 7 - 4, maka diperoleh hasil 3.
  • Setelah itu kita jumlahkan simpanan tadi yaitu 1 + 3 diperoleh hasil 4 (lihat gambar di atas). Maka diperoleh hasil 7 x 6 = 42
3) 9 x 8 = ....
  • Pada gambar di atas, di atas angka 9 terdapat angka 1 dan di atas angka 8 terdapat angka 2. Apa artinya? Artinya untuk mencari 10, ternyata 9 harus ditambahkan dengan 1 dan 8 harus ditambahkan 2. Oleh sebab itu, di atas angka 9 kita letakkan angka 1 dan di atas angka 8 kita letakkan angka 2.
  • Langkah kedua perhatikan angka 1 dan angka 2 tadi (angka yang berwarna hitam). Kita kalikan 1 x 2 maka diperoleh 2
  • Setelah itu mari cari hasil 8 - 1 atau 9 - 2, maka diperoleh hasil 7.
  • Maka diperoleh hasil kali 9 x 8 = 72
Dalam postingan ini admin juga membagikan video tutorial yang admin buat untuk lebih mempermudah sahabat sang pendidik dalam memahami perkalian 6, 7, 8, dan 9. Berikut videonya

Bagaimana sahabat pendidik mudah bukan? Semoga dapat bermanfaat untuk kita semuanya. Terutama bagi sahabat sang pendidik yang berprofesi sebagai guru. Apabila bermanfaat jangan lupa sebarluaskan kepada teman-teman lainnya.


Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "TRIK MATEMATIKA PERKALIAN 6, 7, 8, DAN 9 TANPA MENGHAPAL"

Iklan Tengah Artikel