RPP 1 LEMBAR KELAS I SEMESTER 2

RPP 1 lembar Kelas I Semester 2 yang dapat bapak/ibu gunakan atau modifikasi sesuai kebutuhan masing-masing.     TEMA 5 PENGALAMANKU Silahkan UNDUH   TEMA 6 LINGKUNGAN BERSIH SEHAT DAN ASRI Silahkan UNDUH   TEMA 7 BENDA HEWAN DAN TANAMAN DI SEKITARKU Silahkan UNDUH   TEMA 8 PERISTIWA ALAM Silahkan UNDUH
Semangat Pagi,,
Postingan kali ini saya akan membahas mengenai RPP. Tentu RPP tidak asing lagi bagi sahabat sang pendidik yang berkecimpung dalam dunia pendidikan. RPP menggambarkan kegiatan pembelajaran yang akan diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran yang sebelumnya dijabarkan dalam silabus. RPP wajib dimiliki guru sebagai bagian dari perangkat mengajar. Perangkat yang satu ini merupakan senjata bagi guru saat mengajar. Mengapa dikatakan senjata? Karena tanpa perencanaan yang matang, maka guru tidak akan mampu mengkondisikan kelas dan pembelajaran tidak akan sesuai dengan yang diharapkan sehingga tujuan pembelajaran tidak akan tercapai.

Begitu pentingnya RPP, sehingga guru wajib memilikinya. Namun sayangnya RPP yang selama ini dibuat guru begitu banyak menyita waktu, sehingga guru minim dalam menyiapkan media atau alat peraga yang dibutuhkan dalam membantu proses pembelajaran. Melihat kenyataan yang terjadi di lapangan, Mendikbud bertindak cepat, dengan mengeluarkan kebijakan baru mengenai penyusunan RPP. RPP yang dimaksud harus mempertimbangkan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik. Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak banyak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif artinya penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sedangkan berorientasi pada Peserta Didik berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar peserta didik di kelas. Hal ini termuat dalam SE Mendikbud No. 14 Tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP.


Hanya ada 3 (tiga) komponen inti dalam penyederhanaan RPP, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assesment), sedangkan komponen lainnya bersifat sebagai pelengkap.


1. Tujuan Pembelajaran
Komponen ini merupakan salah satu yang penting dalam RPP. Tanpa tujuan, pembelajaran tidak akan terarah dan tentunya tidak akan sesuai yang diharapkan. Di dalam tujuan pembelajaran akan dipaparkan proses pembelajaran yang menjadi tujuan si pendidik. Oleh sebab itu tujuan pembelajaran menjadi kompenen yang wajib ada di dalam RPP.

2. Langkah-langkah Pembelajaran 
Dalam komponen ini, guru menuangkan proses pembelajaran mulai dari pembukaan, kegiatan inti, dan penutup. Dalam kegiatan inti guru berusaha membangun partisipasi siswa agar aktif dalam pembelajaran. Siswalah yang aktif sedangkan guru hanya sebagai fasilitator. Semuanya itu tergambar dalam langkah-langkah pembelajaran, sehingga apabila langkah-langkah pembelajaran disusun secara teratur dan rapi maka tujuan pembelajaran akan mudah tercapai.

3. Penilaian Pembelajaran
Prosedur penilaian pembelajaran juga dibuat secara sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian. Dengan adanya kebijakan penyederhanaan RPP ini, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bisa saja dibuat hanya satu halaman, karena penyederhaan RPP tidak memerlukan persyaratan jumlah halaman.



Berikut ini saya coba lampirkan RPP 1 lembar Kelas I Semester 2 yang dapat bapak/ibu gunakan atau modifikasi sesuai kebutuhan masing-masing.
 
TEMA 5 PENGALAMANKU Silahkan UNDUH

TEMA 6 LINGKUNGAN BERSIH SEHAT DAN ASRI Silahkan UNDUH

TEMA 7 BENDA HEWAN DAN TANAMAN DI SEKITARKU Silahkan UNDUH

TEMA 8 PERISTIWA ALAM Silahkan UNDUH
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "RPP 1 LEMBAR KELAS I SEMESTER 2"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel