TUTORIAL MEMBUAT SOAL ONLINE DENGAN QUIZIZZ


Semangat Pagi,, 
Dalam masa pandemi seperti sekarang ini tentu guru harus melaksanakan pembelajaran secara daring (online). Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh guru dalam memaparkan materi mulai dari dengan memanfaatkan aplikasi WhatsApp (WA) sampai dengan memanfaatkan blog. Nah bagimana dengan pemberian tes evaluasinya? Pemberian tes evaluasi juga dapat dilakukan secara daring mulai dari menggunakan google formulir dan memanfaatkan kuis online yang sudah ada.

Ada satu cara lagi cara untuk melaksanakan tes evaluasi yaitu dengan quizizz. Quizizz adalah salah aplikasi online yang dapat digunakan untuk membuat soal online yang dibuat seperti game (permainan). Jadi anak akan diajak belajar sambil bermain. Tentu denga konsep permainan ini akan akan terasa lebih senang karena mereka diajak belajar sambil bermain. 

Nah bagaimana cara pembuatan soal dengan quizizz dan bagaimana cara memainkannya akan di bahas pada postingan kali ini. Silahkan bisa disimak baik-baik langkah-langkahnya sebagai berikut.

    1) Silahkan klik https://quizizz.com/  
    2) Kemudian klik sign up pada pojok kanan



    3) Setelah itu silahkan masukan email yang masih aktif, jika sudah masukan email klik next.



    4) Nanti akan ada 3 pilihan, silahkan pilih as a teacher

    5) Setelah itu, silahkan isi identitas seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
    6) Kemudian akan tampil layar utamanya, silahkan pilih my quizzes lalu pilih create a quiz
    7) Setelah itu beri nama kuisnya, misalnya SOAL PAT KELAS 3. Setelah itu silahkan pilih relevant subjects, lalu klik next
    8) Selanjutnya klik new question, jika ingin membuat soal berupa pilihan ganda silahkan pilih multiple choice.
    9) Silahkan mulai membuat pertanyaan pada kolom yang sudah disediakan (lihat no.1), jika ingin menambahkan gambar silahkan klik gambar (lihat no. 2) lalu buat opsi pilihan ganda dan berikan kunci jawabannya dengan memilih centang sehingga berwarna hijau (lihat kolom 3). Apabila ingin menambahkan opsi pilihan ganda silahkan klik add answer question (lihat no. 4), jika ingin memberikan durasi menjawab pada peserta didik silahkan kolom paling bawah (lihat no. 5). Jika sudah selesai semuanya klik save untuk menyimpan soal yang telah dibuat (lihat no.6)
    10) Setelah klik save, maka akan soal akan terlihat seperti gambar di bawah ini. Untuk membuat soal selanjutnya, klik duplikat.
    11) Setelah klik duplikat, maka kalia akan menuju soal selanjutnya. Silahkan kalian ketik soal pada kolom yang sudah disediakan (lihat no. 1). Kemudian jika ingin menyisipkan gambar silahkan klik icon gambar (lihat no. 2), silahkan pilih gambar mana yang aka digunakan. Setelah gambar dipilih gambar tidak akan terlihat pada kolom kita mengetik soal namun untuk melihat apakah gambarnya apakah sudah benar, silahkan lihat gambar pada layar yang menyerupai handphone (lihat no.3). Kemudian untuk membuat kunci jawaban, silahkan klik centang di depan opsi pilhan ganda (lihat no. 4). Kemudia silhkan atur waktu yang dibutuhkan untuk menjawab soal (lihat no. 5) dan terakhir klik save (lihat no.6)
    12) Untuk membuat soal selanjutnya, seperti biasa klik duplikat. Nah jika ada soal yang menggunakan fungsi kuadrat. Caranya yaitu kalia buat terlebih dahulu soalnya, kemudia blok angka mana yang akan dijadikan kuadrat lalu pilih lambang seperti yang terlihat pada no. 1 di bawah ini. Setelah itu seperti biasa kalian tentukan kunci jawabannya dengan klik centang sesuai yang terlihat pada no. 2. Lalu silahkan atur waktu untuk menjawab (lihat no. 3) dan terakhir klik save (lihat no. 4)
    13) Jika semua soal sudah selesai dibuat klik selesai. Klik done di pojok kanan atas.
    14) Selanjutnya jika ingin memberikan gambar header pada soal, silhkan klik gambar pada kolom no.1 (lihat no 1), kemudian untuk bahasanya karena tidak ada pilihan bahasa Indonesia, kita pilih bahasa inggris (lihat no. 2). Lalu untuk grades, silahkan kalian pilih sesuai dengan tingkatan kelas yang akan kalian sasar. Setelah itu pilih public agar soal dapat dilihat oleh semua orang dan terakhir klik save.
    15) Langkah selanjutnya yaitu klik tanda panah ke bawah di practice (lihat no.1) lalu pilih share practice link (lihat no.2)


    16) Selanjutnya akan terlihat tampilan seperti gambar di bawah ini. Kemudian silahkan klik copy linknya. Lalu link yang sudah di copy diberikan kepada peserta didik yang akan menjawab soal tersebut.

    17) Nah setelah link tersebut dibagikan, mintalah peserta didik untuk klik link tersebut, maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini. Setelah itu mintalah peserta didik untuk klik play quiz, maka soal akan segera muncul.




    Nah itulah tutorial cara membuat soal online dengan quizizz, dengan cara seperti ini pasti akan terlebih menyenangkan. Selain itu, peserta didik terasa tidak terbebani untuk menjawab soal karena mereka belajar sambil bermain. Mereka akan saling berkompetisi dengan teman-teman lainnya. Mudah-mudahan informasi dapat bermanfaat bagi bapak/ibu yang ingin memberikan tes evaluasi sambil mengajak peserta didik untuk bermain.
    Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    0 Response to "TUTORIAL MEMBUAT SOAL ONLINE DENGAN QUIZIZZ"

    Post a Comment

    Iklan Tengah Artikel